Sabtu, 06 Januari 2018

Penipuan Online Shop Ternama di Indonesia

annyeong chingudeul..
hari ini gaeguri mau bagi pengalaman tidak menyenangkan belanja online di sebuah online shop ternama di Indonesia (gaeguri gak mau bilang nama online shopnya karena nanti bakal di anggap pencemaran nama baik (yang sebenernya namanya emang baik tapi pelayanannya masyaaaa Allaaah.. so yaa.. skip nama olshopnya aja). Kunci utama dari sebuah online shop adalah KEPERCAYAAN. Apa jadinya sebuah online shop ternama tapi tidak mementingkan tingkat kepercayaan konsumen??


Gaeguri bingung kejadian ini antara sebuah penipuan atau system dari online shop tersebut yang buruk. Sebenernya ini bukan pengalaman pribadi, tapi pengalaman dari orang terdekat gaeguri sebut saja dia Mawar (hahahaha).(walaupun bukan pengalaman pribadi tapi yaa ikutan geram sendiri sihh karena online shop segede itu sistemnya bisa dibilang buruk Cuma mau mendapatkan keuntungan doang).
 Kejadiannya kemaren January 5th 2018, jadi kronologinya kayak gini. Sebuah online shop yang sering bagi voucher- voucher diskon lagi bagiin voucher diskonnya hari itu. Online shop ini memang sering bagi-bagi voucher diskon (yang padahal harga sebelumnya udah dinaikin tinggi banget, emang “cara diskon” kayak gitu yak?). kemaren ada diskon 50%, 25%, 20%, 15% dan sebagainya gaeguri juga lupa diskonnya berapa aja. Si mawar ngincer diskon yang paling tinggi dong, (yailaah,, siapa sihh yang gak mau punya barang berkualitas maksimum dan bayar minimum??). diskon 50% itu diperuntukkan untuk 5 orang pertama dan diskon mulai berlaku pukul 10 o’clock. Jadi si mawar udah bela-belain nunggu sampai pukul 10 dan udah memasukan belanjaannya ke dalam keranjang belanja, dan udah isi semua yang dibutuhkan kayak alamat, no hp, metode pembayaran, memasukkan kode voucher dan yaa tinggal untuk apply voucher diskon dong. Waktu udah menunjukkan pukul 10, jadi simawar segera mengapply voucher diskon tersebut dan taaraaa….. BERHASIL.. seneng dong pasti dapet voucher diskon 50%. Next screen shoot bukti udah dapet diskon dan segera melakukan komfirmasi pesanan.



Next cerita, si Mawar langsung bilang ke gaeguri kalo dia dapet voucher diskon 50% dari barang yang dia beli tapi dikenakan ongkos kirim (yaa gak apa-apalah, masih lebih murah dibandingin sama dapat diskon Cuma 25%), dan beberapa menit kemudian masuklah e-mail konfirmasi kalo payment belanja tadi udah di terima, dan do yo know what happened?? Harga yang dibayarkan tetap harga semula sebelum diskon. (WHAATT??).

Hari itu mawar membayar dengan menggunakan kartu kredit. Gaeguri bilang dong ke mawar kalo biasanya email konfirmasi dari online shop itu kadang suka error dan bener aja datenglah SMS konfirmasi dari kartu kredit telah sukses melakukan pembayaran senilai (harga semula barang yang di beli Mawar). (WTF emang)

Kecewa pasti. Belum sampe beberapa menit seneng udah dapet diskonan lumayan gede tau-taunya beli dengan harga asli (yang sebenernya udah dinaikin duluan itu). Okee.. panic dan kezeelll… lapor ke bagian customer service nya. Pertama email, kirim keluhan dan disertai dengan bukti screen shoot belanja yang tadi dan belum ada balasan. Karena kesel coba sms, dan tetap belum ada balasan. Dan kalo telpon customer service itu biasanya menggunakan telepon rumah dan biasanya dari handphone ke telepon rumah (kantor itu) biayanya mahal.  Saking keselnya, mawar tetap bela-belain telepon customer service. Dan jawaban mereka adalah jawaban yang gak pengen semua orang denger. Mereka bilang mungkin itu kesalahan pada saat penggunaan voucher dan kuota untuk voucher itu udah abis dan bla-bla-bla.. (kalo misalnya vouchernya udah expired kenapa mawar masih bisa gunain voucher itu?, lo kira bego, masukin kode voucher doang bisa salah? Dan akhirnya mawarpun menutup telepon tersebut dengan mengatakan ini adalah sebuah penipuan dan mba CS pun tetap ramah dan sopan menjawab semua keluhan dari mawar dan mba CS bilang “terima kasih atas sarannya” Oh my god mba CS, kami konsumen ini gak lagi nyasih lo saran mba, tapi kita menyampaikan keluhan agar dapetin solusi dari lo, ngapain juga ngasih-ngasih saran segala saat kami konsumen ini lagi emosi..).


Mawar tambah kesel hari itu karena jawaban dari mba CS yang menyesatkan (gak memuaskan). Mawar tambah rugi dengan menelepon mba CS sesat itu karena biaya nelepon beberapa menit adalah 5000 rupiah. 5000 rupiah bagi orang-orang mungkin gak seberapa, tapi harusnya kalo system online shop tersebut baik, 5000 rupiah ini bisa disumbangin buat bantu-bantu orang-orang diluaran sana, kan?

Mawar mulai pasrah dan menerima keadaan..


Beberapa jam berselang, datenglah email balasan dari CS online shop tadi menjawab keluhan yang udah disampaikan mawar. Jawabannya kira-kira gini “setelah  kami lakukan pengecekan bahwa tersebut tidak menggunakan kode voucher. Mohon dapat dipastikan, kamu telah menggunakan kode voucher dengan benar yakni voucher berhasil memotong grand total dan memilih metode pembayaran terlebih dahulu dan produk-produk yang kamu pilih terdapat pada link yang tersedia sebelum menggunakan voucher. Jika langkah-langkah tersebut sudah benar kami khawatir untuk kuota dari voucher tersebut sudah habis karena kuota voucher tersebut terbatas. Dan bla-bla…

Gatel banget jawabin satu-satu dari pernyataan mba CS nan budiman semerbak berbau yang what the fuck go to the hell ini..(gaeguri jawab ini di sini karena gimana pun kamu mau ngeluh merasa paling bener di sini dan walaupun memang benar, gak ada pengaruhnya dimata mba CS karena entah kenapa mereka diciptakan kayaknya bukan untuk menghadirkan solusi tapi hanya untuk menjawab pertanyaan orang-orang yang penting “kejawab” doang tanpa memikirkan jawaban dari dia itu memuaskan konsumen atau enggak..


Oke.. kita jawab satu-satu chingudeul…

 Q : (setelah  kami lakukan pengecekan bahwa tersebut tidak menggunakan kode voucher)
A : jelas-jelas kami sudah memasukan kode voucher dan berhasil, kenapa harus berhasil menggunakan kode voucher kalo ternyata kode vouchernya salah. Situ bego??

 Q  : (Mohon dapat dipastikan, kamu telah menggunakan kode voucher dengan benar)
A : kalo kode voucher gak benar gak mungkin dong berhasil mbaaa..

Q : (yakni voucher berhasil memotong grand total )
A : kalo grand totalnya gak kepotong gak mungkin kami setujui untuk pembayarannya mba, kami juga bisa ngitung juga kok, setelah dipotong diskon 50% itu berapa, lo kira matematika kami ini jeblok, gak mba.. matematika kami punya nilai kecil doang. dan kalo grand totalnya gak sesuai sama yang kami inginkan gak mungkin juga kami setujui mba.

Q : (dan memilih metode pembayaran terlebih dahulu )
A : udah dilakuin juga

Q : dan produk-produk yang kamu pilih terdapat pada link yang tersedia sebelum menggunakan voucher.
A : pasti ada pada link yang tersedia, kalo gak kenapa bisa berhasil?


Q :  Jika langkah-langkah tersebut sudah benar kami khawatir untuk kuota dari voucher tersebut sudah habis
A : kalo nyatanya kode voucher udah habis, kenapa kami masih bisa gunain? Kenapa berhasil? Kenapa sudah ada potongan pada grand totalnya. Apa ini bukan sebuah  penipuan ya kalo grand totalnya seharga 134.000 dan harga yang harus dibayarkan sebesar 211.000? jelas-jelas penipuan sih ini. Bukan masalah harga, yang walaupun selisih sekitar 70rb doang. Tapi ini masalah kepercayaan. Kepercayaan pelanggan gak bisa dibeli. Harusnya kalo memang voucher sudah habis, orang lain tidak bisa menggunakan voucher tersebut sampai proses transaksi orang tersebut selesai, gak kayak gini,yang tiba-tiba tidak segera konfirmasi atau melakukan pembayaran voucher  diskon hilang dan kembali ke harga semula. Ini artinya system dari online shop ini kayak sebuah penipuan. Bener gak chingudeul? berarti ini sama dengan rebutan duluan bayar mba, bukan rebutan dapetin diskon, aneh sihh ini.. parahh

Ini kan masih untung mawar Cuma beli yang  harganya 211.000 apa jadinya kalo beli yang harga jutaan? Dan yang pasti kalo harganya gak diskon mawar dan siapapun itu gak bakal mau beli karena di online shop ini memang terkenal dengan memberikan diskon-diskonan karena harga sebelum diskon di sini memang sangat berbeda dengan online shop yang lainnya.

Dan untuk pembayaran, mawar menggunakan kartu kredit, apa jangan-jangan mentang-mentang mengunakan kartu kredit jadi seenaknya saja menggunakan uang orang lain mungkin kisah ini akan berbeda jika mawar menggunakan metode pembayaran melalui transfer bank. Itu berarti kan ngambil duit haram kan ? hahaha..

Satu hal lagi mulai saat ini kamu (online shop tersebut )udah kehilangan 2 orang pelanggan setia (dulu gaeguri sih yang rekomendasiin olshop ini, karena barang yang dipesen cepet sampe dan gratis ongkir juga), gak bakal deh belanja disini lagi. Dan semoga chingudeul yang diluaran sana yang tau apa online shop juga gak mau belanja di sana juga, ameenn hahhahahaha

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi chingudeul semua dan semoga kita semua dijauhkan dari segala macam penipuan,amenn dan untuk online shop diluaran sana, kepercayaan pelanggan itu penting, karena kepercayaan itu sulit untuk dibangun. Dan untuk CS-CSnya jangan Cuma mau nyenengin customer doang..


내일 다시 만나사랑해 ^_^

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Comment

 
Gaeguri Story Blogger Template by Ipietoon Blogger Template