annyeong chingudeul..
hari ini gaeguri mau bagi pengalaman tidak
menyenangkan belanja online di sebuah online shop ternama di Indonesia (gaeguri
gak mau bilang nama online shopnya karena nanti bakal di anggap pencemaran nama
baik (yang sebenernya namanya emang baik tapi pelayanannya masyaaaa Allaaah..
so yaa.. skip nama olshopnya aja). Kunci utama dari sebuah online shop adalah
KEPERCAYAAN. Apa jadinya sebuah online shop ternama tapi tidak mementingkan
tingkat kepercayaan konsumen??
Gaeguri bingung kejadian ini antara sebuah
penipuan atau system dari online shop tersebut yang buruk. Sebenernya ini bukan
pengalaman pribadi, tapi pengalaman dari orang terdekat gaeguri sebut saja dia Mawar
(hahahaha).(walaupun bukan pengalaman pribadi tapi yaa ikutan geram sendiri
sihh karena online shop segede itu sistemnya bisa dibilang buruk Cuma mau
mendapatkan keuntungan doang).
Kejadiannya
kemaren January 5th 2018, jadi kronologinya kayak gini. Sebuah
online shop yang sering bagi voucher- voucher diskon lagi bagiin voucher
diskonnya hari itu. Online shop ini memang sering bagi-bagi voucher diskon
(yang padahal harga sebelumnya udah dinaikin tinggi banget, emang “cara diskon”
kayak gitu yak?). kemaren ada diskon 50%, 25%, 20%, 15% dan sebagainya gaeguri
juga lupa diskonnya berapa aja. Si mawar ngincer diskon yang paling tinggi
dong, (yailaah,, siapa sihh yang gak mau punya barang berkualitas maksimum dan
bayar minimum??). diskon 50% itu diperuntukkan untuk 5 orang pertama dan diskon
mulai berlaku pukul 10 o’clock. Jadi si mawar udah bela-belain nunggu sampai
pukul 10 dan udah memasukan belanjaannya ke dalam keranjang belanja, dan udah
isi semua yang dibutuhkan kayak alamat, no hp, metode pembayaran, memasukkan
kode voucher dan yaa tinggal untuk apply voucher diskon dong. Waktu udah
menunjukkan pukul 10, jadi simawar segera mengapply voucher diskon tersebut dan
taaraaa….. BERHASIL.. seneng dong pasti dapet voucher diskon 50%. Next screen shoot bukti udah dapet diskon dan segera melakukan komfirmasi pesanan.
Next cerita, si Mawar langsung bilang ke gaeguri kalo dia dapet voucher diskon 50% dari barang yang dia beli tapi
dikenakan ongkos kirim (yaa gak apa-apalah, masih lebih murah dibandingin sama
dapat diskon Cuma 25%), dan beberapa menit kemudian masuklah e-mail konfirmasi
kalo payment belanja tadi udah di terima, dan do yo know what happened?? Harga
yang dibayarkan tetap harga semula sebelum diskon. (WHAATT??).
Hari itu mawar membayar dengan menggunakan
kartu kredit. Gaeguri bilang dong ke mawar kalo biasanya email konfirmasi dari
online shop itu kadang suka error dan bener aja datenglah SMS konfirmasi dari
kartu kredit telah sukses melakukan pembayaran senilai (harga semula barang
yang di beli Mawar). (WTF emang)
Kecewa pasti. Belum sampe beberapa menit
seneng udah dapet diskonan lumayan gede tau-taunya beli dengan harga asli (yang
sebenernya udah dinaikin duluan itu). Okee.. panic dan kezeelll… lapor ke
bagian customer service nya. Pertama email, kirim keluhan dan disertai dengan
bukti screen shoot belanja yang tadi dan belum ada balasan. Karena kesel coba
sms, dan tetap belum ada balasan. Dan kalo telpon customer service itu biasanya
menggunakan telepon rumah dan biasanya dari handphone ke telepon rumah (kantor
itu) biayanya mahal. Saking keselnya,
mawar tetap bela-belain telepon customer service. Dan jawaban mereka adalah
jawaban yang gak pengen semua orang denger. Mereka bilang mungkin itu kesalahan
pada saat penggunaan voucher dan kuota untuk voucher itu udah abis dan
bla-bla-bla.. (kalo misalnya vouchernya udah expired kenapa mawar masih bisa
gunain voucher itu?, lo kira bego, masukin kode voucher doang bisa salah? Dan akhirnya
mawarpun menutup telepon tersebut dengan mengatakan ini adalah sebuah penipuan
dan mba CS pun tetap ramah dan sopan menjawab semua keluhan dari mawar dan mba
CS bilang “terima kasih atas sarannya” Oh my god mba CS, kami konsumen ini gak
lagi nyasih lo saran mba, tapi kita menyampaikan keluhan agar dapetin solusi
dari lo, ngapain juga ngasih-ngasih saran segala saat kami konsumen ini lagi emosi..).
Mawar tambah kesel hari itu karena jawaban
dari mba CS yang menyesatkan (gak
memuaskan). Mawar tambah rugi dengan menelepon mba CS sesat itu karena biaya nelepon beberapa menit adalah 5000 rupiah. 5000
rupiah bagi orang-orang mungkin gak seberapa, tapi harusnya kalo system online
shop tersebut baik, 5000 rupiah ini bisa disumbangin buat bantu-bantu
orang-orang diluaran sana, kan?
Mawar mulai pasrah dan menerima keadaan..
Beberapa jam berselang, datenglah email
balasan dari CS online shop tadi menjawab keluhan yang udah disampaikan mawar. Jawabannya
kira-kira gini “setelah kami lakukan
pengecekan bahwa tersebut tidak menggunakan kode voucher. Mohon dapat
dipastikan, kamu telah menggunakan kode voucher dengan benar yakni voucher
berhasil memotong grand total dan memilih metode pembayaran terlebih dahulu dan
produk-produk yang kamu pilih terdapat pada link yang tersedia sebelum
menggunakan voucher. Jika langkah-langkah tersebut sudah benar kami khawatir
untuk kuota dari voucher tersebut sudah habis karena kuota voucher tersebut
terbatas. Dan bla-bla…
Gatel banget jawabin satu-satu dari pernyataan
mba CS nan budiman semerbak berbau yang what the fuck go to the hell
ini..(gaeguri jawab ini di sini karena gimana pun kamu mau ngeluh merasa paling
bener di sini dan walaupun memang benar, gak ada pengaruhnya dimata mba CS
karena entah kenapa mereka diciptakan kayaknya bukan untuk menghadirkan solusi
tapi hanya untuk menjawab pertanyaan orang-orang yang penting “kejawab” doang
tanpa memikirkan jawaban dari dia itu memuaskan konsumen atau enggak..
Oke.. kita jawab satu-satu chingudeul…
Q : (setelah
kami lakukan pengecekan bahwa tersebut tidak menggunakan kode voucher)
A
: jelas-jelas kami sudah memasukan kode voucher dan berhasil, kenapa harus
berhasil menggunakan kode voucher kalo ternyata kode vouchernya salah. Situ bego??
Q : (Mohon
dapat dipastikan, kamu telah menggunakan kode voucher dengan benar)
A
: kalo kode voucher gak benar gak mungkin dong berhasil mbaaa..
Q : (yakni voucher berhasil memotong grand
total )
A : kalo grand totalnya gak kepotong gak
mungkin kami setujui untuk pembayarannya mba, kami juga bisa ngitung juga kok,
setelah dipotong diskon 50% itu berapa, lo kira matematika kami ini jeblok, gak
mba.. matematika kami punya nilai kecil doang. dan kalo grand totalnya gak sesuai sama yang kami inginkan gak mungkin juga kami setujui mba.
Q
: (dan memilih metode pembayaran terlebih dahulu )
A
: udah dilakuin juga
Q
: dan produk-produk yang kamu pilih terdapat pada link yang tersedia sebelum
menggunakan voucher.
A
: pasti ada pada link yang tersedia, kalo gak kenapa bisa berhasil?
Q
: Jika langkah-langkah tersebut sudah
benar kami khawatir untuk kuota dari voucher tersebut sudah habis
A
: kalo nyatanya kode voucher udah habis, kenapa kami masih bisa gunain? Kenapa berhasil?
Kenapa sudah ada potongan pada grand totalnya. Apa ini bukan sebuah penipuan ya kalo grand totalnya seharga
134.000 dan harga yang harus dibayarkan sebesar 211.000? jelas-jelas penipuan
sih ini. Bukan masalah harga, yang walaupun selisih sekitar 70rb doang. Tapi ini
masalah kepercayaan. Kepercayaan pelanggan gak bisa dibeli. Harusnya kalo
memang voucher sudah habis, orang lain tidak bisa menggunakan voucher tersebut
sampai proses transaksi orang tersebut selesai, gak kayak gini,yang tiba-tiba
tidak segera konfirmasi atau melakukan pembayaran voucher diskon hilang dan kembali ke harga semula. Ini
artinya system dari online shop ini kayak sebuah penipuan. Bener gak
chingudeul? berarti ini sama dengan rebutan duluan bayar mba, bukan rebutan dapetin diskon, aneh sihh ini.. parahh
Ini kan masih untung mawar Cuma beli
yang harganya 211.000 apa jadinya kalo
beli yang harga jutaan? Dan yang pasti kalo harganya gak diskon mawar dan
siapapun itu gak bakal mau beli karena di online shop ini memang terkenal
dengan memberikan diskon-diskonan karena harga sebelum diskon di sini memang
sangat berbeda dengan online shop yang lainnya.
Dan untuk pembayaran, mawar menggunakan
kartu kredit, apa jangan-jangan mentang-mentang mengunakan kartu kredit jadi
seenaknya saja menggunakan uang orang lain mungkin kisah ini akan berbeda jika
mawar menggunakan metode pembayaran melalui transfer bank. Itu berarti kan
ngambil duit haram kan ? hahaha..
Satu hal lagi mulai saat ini kamu (online
shop tersebut )udah kehilangan 2 orang pelanggan setia (dulu gaeguri sih yang
rekomendasiin olshop ini, karena barang yang dipesen cepet sampe dan gratis
ongkir juga), gak bakal deh belanja disini lagi. Dan semoga chingudeul yang
diluaran sana yang tau apa online shop juga gak mau belanja di sana juga,
ameenn hahhahahaha
Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi
chingudeul semua dan semoga kita semua dijauhkan dari segala macam penipuan,amenn
dan untuk online shop diluaran sana, kepercayaan pelanggan itu penting, karena
kepercayaan itu sulit untuk dibangun. Dan untuk CS-CSnya jangan Cuma mau
nyenengin customer doang..
내일 다시 만나… 사랑해 ^_^
0 komentar:
Posting Komentar