Kamis, 11 Januari 2018

Pengalaman Mengikuti CPNS 2017 part 1

Annyeong chingudeul~

Salam pengangguran..(kesannya kayak bangga banget yaakk $%_^)

Hari ini gaeguri mau bagi pengalaman mengikuti tes CPNS 2017. Setelah sekian lama penerimaan CPNS kembali di buka yang sebelumnya tes CPNS diadakan tahun 2014 silam (kira-kira udah 3 tahun penerimaan CPNS tidak ada, sejak pemerintahan bapak Jokowi yang katanya penerimaan CPNS di moratorium (di tunda kalo gak salah bahasanya) akibat adanya pegawai CPNS yang tidak merata di beberapa wilayah Indonesia, yang katanya mau diratakan terlebih dahulu). Menurut gaeguri sih, penumpukan pegawai negeri sipil itu terjadi di kota-kota besar dan di kota atau kabupaten kecil kebanyakan PNS masih kurang. Contohya di SD tempat orang tua gaeguri bekerja, hanya ada 4 orang guru yang berstatus pegawai negeri sipil dan selebihnya adalah guru-guru honorer. Mungkin maksud pemerintah ingin menyeimbangkan pegawai yang ada di kota besar dan kota kecil sehingga di butuhkan pendataan lebih detail terhadap pegawai-pegawai sehingga penerimaan pegawai di tahun 2015-2016 ditiadakan.

Oiya.. yang mau tau kenapa gaeguri pengen jadi PNS bisa dilihat disini.


Jadi di tahun 2017 kemaren (yang baru lewat 11 hari doang), penerimaan CPNS dibuka dan ada 2 periode gitu. Periode pertama ada 2 kementerian yaitu kementerian hukum dan HAM kemudian ada dari Mahkamah agung (MA bukan kementerian bukan sih?). untuk kementerian hukum dan HAM sendiri merekrut sekitar 17ribuan orang, posisi yang dibutuhkan ada sekitar 20an jabatan mulai dari sipir, pembimbing kemasyarakatan pertama, analisis keimigrasian, pemeriksa paten pertama, pemeriksa merek pertama dan lain-lain. dan untuk Mahkamah agung merekrut sebanyak orang 2 ribuan dan posisinya adalah sebagai hakim-hakimin gitu (gak ngerti deh apaan).


Pada periode pertama ini gaeguri bisa mendaftarkan diri pada kementerian hukum dan HAM dengan jabatan sebagai pemeriksa paten pertama. Pada jabatan ini hanya dibutuhkan 13 kursi dan total pelamar untuk jabatan ini lebih dari 35 ribu orang. Kebayang dong seketat apa persaingan pada posisi ini. 35 ribu orang tidak hanya dari jurusan gaeguri doang sih ada beberapa jurusan lain kayak kimia, biologi, fisika, teknik elektro dan teknik lainnya dan lain-lain. Mungkin kalo di totalin hanya ada 1 posisi untuk 1 jurusan. Gaeguri gak heran sih ya, kenapa pendaftar pada CPNS tahun 2017 bisa membludak kayak gitu. Secara 3 tahun gak ada penerimaan CPNS dan pada periode ini pun hanya ada 2 instansi dan di mahkamah agung udah pasti anak-anak hukum dan turunannya yang mendominasi dan jurusan selain hukum akan bergabung ke kementerian hukum dan HAM. Pendaftar untuk kemenkumham sendiri mencapai 1 juta pendaftar untuk 17 ribuan posisi, serem gak sihh?? Dan ternyata peminat CPNS masih banyak. Mungkin itu bisa mencerminkan besarnya pengangguran di Indonesia dan juga para pekerja yang tidak puas dengan pekerja di tempat lama (perusahaan tempat ia bekerja sekarang).

Informasi penerimaan CPNS ini udah gaeguri dapetin dari bulan Juli 2017 dan pendaftaran dibuka dari tangga 1-31 agustus 2017. Dan pelaksanaan tes pada tanggal 11-16 september 2017.

Pendaftaran CPNS dilakukan di portal milik BKN dan kita mendaftarkan NIK sama nomor Kartu Keluarga doang, abis itu jadilah akun milik kita. Satu nomor kependudukan Cuma bisa membuat satu akun doang. Setelah itu masuk ke pilihan instansi yang akan kita lamar. Untuk CPNS ini, dalam 1 periode perekrutan kita hanya diperbolehkan untuk mendaftar 1 instansi saja. Karena gaeguri hanya bisa mendaftar di kementerian hokum dan HAM jadi gaeguri memilih kemenkumham, dan disana nantinya ada semacam konfirmasi keyakinan kita untuk memilih instansi tersebut. Kemudian mengisi biodata-biodata lainnya seperti ijazah, ipk dan kawan-kawan. Setelah itu upload berkas kayak ijazah, transkrip nilai, surat pernyataan dan kawan-kawan. Chingudeul yang belom punya ijazah sama transkrip nilai kayaknya gak bisa ikut CPNS ini deh, soalnya berkas yang diupload adalah scan-an berkas-berkas asli semua. Kemudian setiap form yang kita isikan, system di situs tersebut menanyakan keyakinan kita, lucu aja sihh..setelah semua dilengkapi kita tinggal menunggu pengumuman kelulusan kalo gak salah sih sekitaran tanggal 5 atau 6 september 2017, jadi sekitar 5 hari setelah pendaftaran terakhir ditutup.


Pengumumun kelulusan di umumkan, siang atau sore gitu gaeguri lupa, dan pengumumannya gak diumumin di akun yang udah kita bikin kemaren tapi pengumumannya ada di 1 file pdf dan disana ada sekitar 4000an lembar nama-nama yang lulus. Gak kebayang deh harus nyari nama kita di antara berpuluh-puluh nama orang lain, untungnya bisa disearch di kolom search. Setelah entry nama, nunggu beberapa menit (prosesnya lama karena ada 4000an lembar yang harus di scan oleh system) dan hasil dari pencarian gaeguri adalah “no file match”. -__- dukkk seketika jadi lemes, untuk lolos administrasi aja susah banget ya allah. Beberapa jam kemudian udah mulai pasrah lah si gaeguri ini. Kemudian grup sewaktu kuliah dulu mulai rame, dan disana ada yang ngasih info kalo beberapa temen kami ada yang lolos seleksi administrasi di kemenkumham ini. Dan pertama yang di share lulus adalah temen gaeguri yang kayak tai sombong minta ampun, masa sihh dia lulus? Sedangkan gaeguri enggak (sombong beet dah gaeguri ini). Apa sih pertimbangan mereka buat ngelulusin? Next, mulai banyaklah nama-nama temen gaeguri yang lolos. Makin penasaran dong apa sih standar mereka? Kenapa mereka lolos dan gaeguri enggak? dan saking penasarannya gaeguri mulai lagi search nama gaeguri di lembaran 4000an itu, dan taraaa… nama gaeguri ternyata ADA.. uhuuuu….


Setelah itu, untuk pengumuman pelaksanaan jadwal dan lokasi tesnya belom diumumin. Sampai pada tanggal 9 sepetember dan padahal tesnya akan dimulai tanggal 11 september 2017. Awalnya, tes CPNS tahun ini untuk jenjang pendidikan dokter dan strata 1 di laksanakan di Jakarta dan karena jumlah peserta yang sangat banyak gak mungkin dong ditampung di Jakarta semua dan yang gagal pasti bakalan banyak, dan pendaftar CPNS ini bukan dari daerah Jawa doang tapi pendaftar dari Sabang-Merauke jadi bakalan kasian kali ya, bakalan ngeluarin banyak biaya kalo ke Jakarta semua jadilah di alihkan ke daerah masing-masing sesuai KTP. Gaeguri yang waktu itu lagi diluar kota, galau berat deh soalnya ujian bakalan dilaksanakan tanggal 11 september sedangkan tanggal 9 september masih belom ada apa-apa dan gaeguri masih diluar kota, who knows gaeguri bakalan dapet ujian tanggal 11 jam 8. Bakalan kacau dong.. dan akhirnya gaeguri memutuskan untuk pulang tanggal 10 september. Setelah tiket selesai dipesen, ternyata gaeguri ujian di tanggal 16 sepetember, jam 8 pagi wtf, tau gitu kan bisa sedikit lebih santai. Gaeguri juga ujian di Padang (karena gaeguri orang padang) dan jarak daerah rumah ke padang itu sekitaran 4 jam-an, itu gak mungkin dong gaeguri berangkat dari rumah ke lokasi karena kita harus udah ada di lokasi itu sekitaran 90 menit sebelum ujian di mulai untuk mem-verifikasi kartu ujian.

Saat ujian 16 september 2017

Ujian di mulai pukul 8 dan harus dilokasi itu 90 menit sebelum ujian dimulai, berarti harus berangkat itu kira-kira setengah 7. Karena gaeguri gak mau jadi orang pertama disana jadi gaeguri lebih santai gitu dan berangkat sekitar setengah 7 lewat 10 menit. Dan waktu udah sampe di lokasi, yang awalnya gaeguri kira bakalan kepagian ternyata orang-orang udah rame bangeet.. dan sampe disana kita disediin tempat duduk gitu kemudian datanglah bapak2 ngasih pengarahan setelah itu verifikasi nomor ujian dengan memperlihatkan KTP. Herannya, semua peserta yang hadir hari itu adalah cewek semua. Dan ternyata, cewek dan cowok memang dipisah sama panitia, mungkin biar gak cinlok yaa.. (CPNS gak dapet, malah dapet pacar, hahahaha).


sumber : google

Kemudian kami di antarkan ke ruang ujian, dan sebelum ujian kita akan diberikan nomor apaan yaakk, ada 4 digit gitu setelah itu masuk ruangan dan tunggu pengarahan dan diberitahu kode sesi ujian. Login dengan memasukkan NIK, kode sesi, nomor ujian sama nomer yang dikasih 4 digit tadi. Tes ini menggunakan system CAT, jadi kita menggunakan computer, setelah ujian kita akan liat langsung skor yang kita peroleh. Panduan CAT banyak tersebar di internet, surfing ajaah


Soal tes ini seperti yang udah gaeguri pelajarin, yaitu ada 3 part yang jumlah soal keseluruhan adalah 100 soal dalam waktu 90 menit, yang terdiri dari tes wawasan kebangsaan, (35 soal) tes intelegensia umum (30 soal) dan tes kepribadian (35 soal) . Soal-soal yang pelajarin yang ada di apps playstore semua dan beberapa buku itu soal-soalnya bisa dikatakan standar tapi kenyataannya gak segampang yang gaeguri bayangin.

Tes wawasan kebangsaan ini soal-soal menyangkut pancasila, UUD 1945, pasal-pasal, sejarah bangsa, tentang kemerdekaan dan saran gaeguri sih, minta maaflah kepada guru kewarganegaraan chingudeul karena gaeguri yakin dosa kalian banyak, banyak yang gak lolos pada bagian ini.

Tes intelegensia umum, soal ini kayak soal-soal Tes potensi akademik dan psikotes biasanya Cuma ini soalnya Cuma ada 30 soal dan sudah merangkum semuanya mulai dari deret angka, analogi, padanan dan lawan kata, silogisme, aritmatik dan kawan-kawan. Salah satu soalnya gini, “ada 7 orang dalam sebuah pertemuan, si A harus duduk berdekatan dengan B, Si D tidak boleh berhadapan dengan si B dan si C tidak mau bersebelahan dengan F, sedangkan G harus duduk di bangku nomor 2. Bagaimana posisi yang memungkinkan? (yaelahh pak bu, duduk aja ribeet). Soal kayak gini adalah soal yang gaeguri belom tau cara cepet buat negerjainnya kayak gimana dan jika kita berfokus ke soal ini, mungkin 19 menit waktu yang dikasih gak bakalan cukup.

Tes kepribadian, kayak biasanya tes psikologi juga, saran gaeguri pilihlah jawaban yang paling benar, jangan paling benar menurut pribadi kita karena misalnya pribadi yang seperti gaeguri (introverted, next cerita) gak bakal lulus pada bagian ini. Karena di bagian ini kalian akan mendapatkan skor setiap jawaban yang dipilih, jadi semakin benar jawaban kita maka skor yang kita peroleh adalah sempurna 5, jadi dari total 35 soal maksimal skor yang bisa diperoleh adalah 175. Setiap jawaban punya nilai skor, sebenernya tidak ada jawaban yang benar dan jawaban salah disini. Jangan ikutin hati nurani tapi pilihlah jawaban benar anggap aja pilihan yang salah walaupun kita yakini benar adalah salah (bingung gakk?? Hahahaha).

Saran gaeguri selanjutnya adalah, kerjakan bagian yang mudah terlebih dahulu, jika soal tersebut susah, jangan terfokus ke soal itu aja tapi kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu, karena kalo kita mati-mati ngerjain soal yang kita gak bisa kerjain waktu kita bakal kebuang banyak banget. Next, mending kerjain bagian TKP (tes kepribadian)  terlebih dahulu dari pada ngerjain bagian lainnya karena TKP ini adalah bagian termudah menurut gaeguri karena disini tidak ada benar dan salahnya. Setelah mengerjakan TIU, kerjakan bagian wawasan kebangsaan (TWK) karena disini soal-soalnya cenderung lebih pendek dan bisa menghemat waktu banget, kecuali bagian bahasa indonesianya, memang disajikan teks yang sangat panjang, tapi kuncinya adalah bacalah pertanyaannya terlebih dahulu kemudian baca wacananya. The last adalah TIU, yang seharusnya kita per part itu mempunyai waktu 30 menit, dan TIU gak mungkin dikerjakan semuanna dalam waktu 30  menit jadi dengan cara yang udah gaeguri kasih tau tadi, sisa waktu untuk mengerjakan TIU adalah kurang lebih 45 menit. Lumayan banget kann?? Sama dengan soal lainnya, pengerjaan TIU sebaiknya dilakukan dari soal termudah terlebih dahulu baru kerjakan yang sulit.

Pada tes CPNS kemenkumham ini, gaeguri belom menerapkan langkah pengerjaan soal seperti diatas, gaeguri mulai mengerjakan soal sesuai part yang udah di kasih yaitu TWK, TIU dan TKP. Karena udah blank di awal-awal soal jadi blank sampai akhir soal. Hafalan yang udah hafalpun jadi hilang dan ada beberapa soal yang kececer dan akhirnya di akhir-akhir waktu gaeguri ngasal jawab aja. 




Waktu berakhir, dan di layar kita udah bisa tau hasil yang kita peroleh. By the way, di tes CPNS ini adapassing grade nya yang harus kita laluin. TWK itu 75, TIU 80 dan TKP 143. Total skor yang gaeguri peroleh adalah 319 point dengan rincian TWK 70, TIU 90 dan TKP 159. Artinya gaeguri gak lolos pemirsahhh karena skor TWK yang gaeguri peroleh Cuma 70 kurang 5 poin lagi alias 1 soal lagi untuk bisa lolos. Tapi yaahhh….sebenernya gaeguri gak berharap banyak sama tes kemenkumham ini karena ini adalah kali pertama gaeguri ngikutin tes CPNS (karena taun sebelumnya gaeguri belom lulus kuliah). dan kalo pun bisa mencapai ambang batas minimal skor TWK jadi 75, dan total gaeguri jadi 324 gak bakalan lolos juga karena setelah kita tau lolos passing grade ato enggak, nantinya bakalan di ranking secara nasional dan diambil sebanyak 3 kali formasi. Kalo di formasi yang gaeguri ambil ini dibutuhin 13 orang jadi 13 dikali 3 adalah 39. 39 orang lolos bakalan lolos ke tahap selanjutnya. Pada saat itu, kalo gak salah nilai terkecil yang diambil untuk lolos ke tahap selanjutnya adalah 384. 319 ke 384 jauh sekaliiii ya allaaahhh…

Next.. ikutan cpns Kementan..



                                    To be continue…

ps: semua foto hari ini gaeguri ambil dari google yahh


4 komentar:

  1. Kak apa pas pendaftaran cpns pakai skck juga?

    BalasHapus
  2. Kak, kok bisa ikut coba tes cpns waktu belum lulus kuliah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebagian instansi memperbolehkan ikut cpns pake surat keterangan lulus aja.. Kalo belum lulus kuliah, berarti ikut jalur yang SMA

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Comment

 
Gaeguri Story Blogger Template by Ipietoon Blogger Template