Sabtu, 13 Januari 2018

DIY Slime Anti Gagal

Annyeong chingudeul~

Hari ini gaeguri mau bikin DIY (diaiwai) salah satu mainan popular kids zaman now/ kids zaman jigeum nih chingudeul. Udah tau apaan belom?? Yapp.. bener!! SLIME. Dalam bahasa Indonesia Slime berarti lendir (jijik gak sih  mainin lendir), eittsss .. tapi… jangan jijik duluan chingudeul,lendir yang bakal gaeguri bikin ini bukan lendir yang ada dipikiran chingudeul itu kok (lendir yang ada di hidung, hahahaha), tapi lendir yang terbuat dari beberapa bahan yang gampang nyarinya dan ada dimana-mana.

Slime ini sebenernya udah terkenal dari beberapa tahun yang lalu (gak tau tahun berapanya tapi udah dari lama banget gitu) tapi gaeguri baru ngehh aja sih sekarang. Sebagai generasi 90an, slime ini mungkin gak begitu popular di kalangan kami, karena dulunya gaeguri lebih suka mainin tahah liat atau pasir sih makanya gak kenal sama slime. Gaegeuri inget di salah satu acara anak-anak mereka ngegunain slime ini (mandi slime) untuk salah satu hukumannya. Dan gaeguri kira waktu itu, slime itu jenis mainan yang lengket-lengket menjijikan gitu chingudeul dan ternyata enggak, haha. Dan selama 24 tahun hidup ini, baru kali ini gaeguri nyoba megang yang namanya slime, makanya DIY slime ini baru ada di Blog gaeguri ini.

Sebenernya, slime ini udah diperjual belikan di beberapa tempat, harga untuk per 250 gram slime ini dijual 25-50 ribu rupiah. Lumayan mahal sih kalo menurut gaeguri karena sebenernya bahan-bahan yang digunain untuk membuat slime ini tidak mahal, jadi karena gaeguri gak mau ngeluarin uang (because I’m kere) jadi gaeguri bikin sendiri aja slime itu. Kalo kita bisa bikin sendiri kenapa harus beli ya kan?

Berdasarkan beberapa artikel yang gaeguri baca, slime ini bisa di jadiin sebagai pereda emosi (cocok lah sama gaeguri yang pemarah ini) karena bentuk slime yang gemes-gemes, benyek-benyek, lembut-lembut gimanaa gitu, bikin relax gitu kalo dipegang. Bisa membuat perasaan jadi bahagia, mungkin karena udah gak emosi makanya bisa jadi bahagia yak?. Menghilangkan jenuh, setiap orang pasti pernah ngerasain yang namanya jenuh dan bosen (like what I feel everyday), jadi dengan adanya slime ini, perhatian kita itu bakal teralihkan ke slime karena bisa pencet-pencet tarik-tarik lempar-lempar dan sebagainya. Kemudian dengan bermain slime ini kita juga bakal jadi orang yang kreatif, karena kita bakal berusaha lebih dan lebih lagi buat bikin sendiri slime dengan berbagai bahan. Jujur sih, menurut gaeguri DIY itu merangsang kekreatifan seseorang, karena bikin apa-apa sendiri itu gak gampang guys..


Oke.. langsung bikin slime nya yukk (udah kepanjangan intro nihhh)

Bahan-bahan yang kita perluin

1.  Lem putih
Sebenernya ada banyak merek lem putih dan ada beberapa jenis lem yang bisa digunain untuk membuat slime. Tapi gaeguri lebih memilih menggunakan lem putih merek lem fox ini karena harganya murah dan mudah di dapat (bahkan di warung-warung kecil pun lem fox ini ada).

2.    Sabun cair
Untuk sabun cair juga ada banyak merek yang bisa digunain tapi gaeguri lebih merekomendasiin pake sabun cair biore ini, karena hasilnya bakalan lebih bagus

3.    Handbody
Gak pake handbody pun sebenernya slime ini bakalan tetep jadi kok chingudeul. Tapi gaeguri tetep memasukkan handbody ini sebagai salah satu bahan karena dalam pembuatan slime ini menggunakan sabun cair dan gaeguri ngerasa tangan gaeguri rada kering gitu, jadi gaeguri perlu sesuatu untuk melembutkan tangan. Sebenernya ada banyak jenis handbody yang bisa chingudeul pake, tapi  karena dirumah gaeguri Cuma adanya itu dan gak ke pake, jadi gaeguri pakai handbody merek marina ini.

4.    Slime activator
Slime activator ini bakalan berfungsi sebagai unsure yang akan mengaktifkan bahan-bahan di atas menjadi slime (lendir) atau unsure yang akan menggumpalkan bahan-bahan di atas. Untuk slime activator ini juga ada banyak jenisnya misalnya GOM, obat tetes mata, borax, deterjen, pewangi, cairan soflens dan lain-lain. Disini gaeguri menggunakan GOM, karena kalo pake GOM ini hasilnya jadi lebih nyata dan reaksinya cepet dan penggunaanya sedikit. Sebelumnya gaeguri pernah gunain obat tetes mata, tapi gagal. Jadi gaeguri lebih menyarankan buat make GOM ini dari pada slime activator lainnya. Oiya.. GOM ini sebenernya adalah obat sariawan dan chingudeul bisa dapetin GOM ini di apotik-apotik. Menurut gaeguri GOM ini aman kok kalo dipegang walaupun di kemasan ditulis ada “borax gliserin 10%” nya karena ini kan obat sariawan, dan sariawan itu di mulut (dimulut aja aman apalagi di tangan, yaa kan) terus kita makek ini juga sedikit dan kalo abis megang slime ini kita harus cuci tangan lagi. tapi kalo chingudeul punya kulit sensitive mending dites dulu aja bikin iritasi atau enggak. oke?

5.    Minyak telon
Minyak telon ini fungsinya biar slime gak lengket

6.    Wadah dan pengaduk


Next kita masuk ke cara membuat slime

Pertama, siapkan wadah bersih (wadah gaeguri rada kotor yak? Biarin skip!) dan pegaduk kemudian tuang handbody lotion ke wadah. Aduk sampai rata. Untuk handbody ini ukurannya 1 sendok makan.



Kedua adalah masukan lem fox 2 sendok makan dan di aduk sampai rata, konsistensi lem fox sedikit lebih kental dari pada handbody, jadi kita harus mengaduk rata terlebih dahulu biar tidak ada bahan- bahan yang menggumpal. Kemudian tambahkan sedikit air kira-kira setengah sendok teh, kemudian aduk rata lagi.

Selanjutnya, masukkan sabun cair 1,5 sendok makan dan di aduk rata lagi. Setelah semuanya rata tambahkan slime activator 7-10 tetes aja (1 ml).

Waktu gaeguri bikin slime ini, waktu mau ambil dokumentasinya, si slime activator ini malah jatuh ke dalam adonan slime yang lagi gaeguri bikin, jadinya malah blepotan kayak gini deh, hahaha

Setelah semua bahan tercampur dan ditambahkan slime activator, slime akan mulai terbentuk, aduk terus sampai tidak ada bahan yang tersisa dan sudah tidak lengket lagi. 

Dan kalo slime chingudeul masih “sedikit” lengket tinggal tambahkan minyak telon deh.

Yeay akhirnya slime terbentuk dan siap deh untuk dimainkan,




Happy trying chingudeul~

Annyeong~~

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Comment

 
Gaeguri Story Blogger Template by Ipietoon Blogger Template