Senin, 29 Januari 2018

ALASAN NGE-BLOG

Annyeong chingudeul~

Hari ini gaeguri mau ngasih tau alasan gaeguri “kenapa ngeblog”.
Kenapa ngeblog?, di google ada banyak penjelasan mengenai pertanyaan ini, mulai dari penyaluran aspirasi, aktualisasi diri, branding diri, belajar hal atau sesuatu yang baru, mengasah kreatifitas tulis, membantu menjadi penulis, menghasilkan tambahan uang, karena bisa membantu orang lain, sebagai media dokumentasi diri, sebagai media promosi bisnis, membantu memperoleh skill baru, membantu menjalin pertemanan, karena blog tidak terikat dalam bekerja, sebagai media promosi kreativitas dan sebagainya. Tapi gaeguri punya alasan sendiri kenapa gaeguri nge-blog.

Di jaman sekarang yang di dominasi sama anak-anak kreatif ala kids jaman now mereka lebih tertarik sama dunia youtube pervloggeran dari pada blog. Bedanya di blog, kita mengisi konten yang kita buat dengan tulisan-tulisan sedangkan vlog, konten mereka berisi video-video, lebih aktif dan berani buat ngomong di depan kamera dan sebagainya. Jaman sekarang, minat baca orang-orang sangat berkurang. Misalnya untuk membuat slime, Orang-orang cenderung lebih menyukai melihat video “tutorial pembuatan slime” ketimbangan membaca “tutorial pembuatan slime”. Gaeguri akui memang dengan melihat video akan lebih mudah untuk dipahami ketimbang Cuma membaca.

Nah, kenapa gaeguri gak jadi youtuber aja? kenapa mau jadi blogger, peminat youtube kan lebih banyak daripada blog?

Memang peminat youtube lebih banyak dari pada blog dan sebenernya gaeguri juga pengen bikin video blog gitu gitu, tapi I’m too shy to talk in front of camera, jadi gaeguri lebih memilih untuk bikin blog dari pada vlog. Kemudian, disamping lebih “mengasikan” melihat video-video orang-orang di youtube, gaeguri juga suka membaca blog-blog orang, mulai dari blog konyol sampai ke blog yang serius. Jadi, gaeguri juga pengen menumbuhkan minat baca seseorang melalui blog ini (yaa.. walaupun blog gaeguri garing , gak enak dibaca, bahasanya yang aneh terkadang menggunakan “bahasa minang yang di indonesiakan” but I don’t care, yang penting gaeguri nulis dan bisa menyampaikan aspirasi dan to show “this is me, gaeguri imnida”.

Alasan gaeguri ngeblog :

1.      UANG
alasan utama gaeguri nge-blog awalnya adalah karena UANG. (hahaha, matrealistis banget kan ?). awalnya gaeguri kira, menghasilkan uang dengan blog itu cukup dengan bikin blog, nulis ala kadarnya terus tiap bulannya google bakalan ngasih gaji yang gede. (kalo gitu mah, mungkin semua orang kerjaannya adalah nge-blog kaleee). Ternyata gak segampang itu chingudeul, hahaha. Setelah sadar, ternyata nyari duit dari blog itu gak segampang yang gaeguri kira, mulai deh buat nyari cara buat ngasilin duit dari blog. Ada banyak cara untuk menghasilkan blog dan kebanyakan blogger menggunakan google adsense sebagai sumber pundi-pundi keuangan mereka. Nah,, gaeguri nyari tuh cara-cara pendaftaran akun adsense itu gimana syarat-nya, waktu itu umur blog gaeguri Cuma 1 bulanan kalo gak salah, dan umur 1 bulan dengan konten yang gak seberapa dan gaeguri yakin gak begitu penting itu gak bakalan lolos seleksi google adsense dan akhirnya gaeguri mengurungkan niat buat daftar di google adsense.

Selanjutnya, blogger-blogger juga menghasilkan uang dari program afiliasi, nah,, gaeguri juga coba join program afiliasi beberapa market place di Indonesia seperti lazada, blibli, tokopedia, dan mataharimall.com, setelah daftar, lazada, blibli dan toped gak langsung direspon pendaftaran gaeguri, tapi mataharimall waktu itu langsung ngerespon dan gaeguri “DITOLAK”, setelah penolakan dari mataharimall.com ini gaeguri sadar ternyata nyari sponsor itu sulit dan untuk menghasilkan duit dari blog jadi makin sulit. Awalnya yang gageuri rajin nge-post (bisa chingudeul, postingan gaeguri di bulan februari lumayan banyak kan?) dan semakin bekurang setiap bulannya dan pada akhirnya gaeguri stop buat nulis.

Sekitaran bulan desember 2017, gaeguri iseng-iseng buka email sigaeguri@gmail.com dan ternyata member afiliasi gaeguri yang dari lazada udah di non-aktifin karena tidak ada perkembangan apa-apa di blog gaeguri (what? Gimana mau ada perkembangan, iklannya aja gak di pajang lhh0o), dan disana gaeguri sadar ternyata lazada nge-approve gaeguri sebagai mitra afiliasinya dan karena udah expired gaeguri biarin dan nyoba buat nyari balasan email dari blibli.com, dan ternyata mereka juga nge-approve (uuhhh.. seneng dong udah punya sponsor). Nah dari sana, mulai lah gaeguri buat join program-program afiliasi lainnya seperti booking.com dan tiket.com, alasannya biar dapat tiket gratis, hahaha. Setelah semua program itu di approve, gaeguri mulai pede buat daftar di google adsense, dan ternyata di approve juga (can you feel how happy I am?). (kalo mau tau caranya biar langsung di approve adsense, next post, oke?). dan ternyata, meskipun kita udah punya banyak sponsor gak berarti apa-apa kalo traffic nya gak ada. Sekarang gaeguri gak punya follower, traffic per harinya gak nembus 20 penayangan dan sepi pembaca (uhhuuu *cry), jadi gaeguri masih belom bisa menghasilkan uang dari blog.

Sekarang, meskipun sepi pembaca, gak ada yang minat sama iklan gaeguri, gaeguri bakalan tetap menulis, karena kalo udah money oriented, semuanya bakalan jadi beban dan menulis bukan hanya sebagai penyaluran hobi tapi sebuah keterpaksaan karena mengharapkan imbalan dari tulisan itu. Untuk menghasilkan uang dengan blog, kita perlu ke-konsistenan dalam menulis. Kalo udah konsisten, pembaca bakalan terus-terusan membaca tulisan yang kita post dan di google bakalan ada jejak blog kita dan orang-orang akan semakin tahu kalo “ada sesuatu yang mereka cari” di blog kita. Dan kita juga butuh “kesabaran” untuk menghasilkan sesuatu, gaeguri yakin suatu saat blog ini bakalan rame pengunjung (ameenn.. I hope so).


2.      BIAR DIKIRA ADA KERJAAN
Sebagai seorang pengangguran, pastinya gaeguri gak punya kegiatan sama sekali dan yaa… mau ngapain lagi sih?. Salah gak sih seorang pengangguran mengharapkan uang dengan blog karena hanya dengan blog mereka yakin bisa menghasilkan “sesuatu”. (oke.. skip masalah uang ya sodara-sodara).

Jadi, gaeguri ngeblog itu karena biar dikira ada kerjaan sama orang-orang. Karena waktu nge-blog itu kita bakalan bisa sampe seharian di depan laptop dan jari-jari kita itu ngetik-ngetik gak jelas. Jadi kalo ada orang yang lewat, terus liatin gaeguri yang lagi ngetik bakalan nganggap “ihh.. gaeguri walaupun dia dirumah doang, tetap ada kerjaan yaa, tetap sok sibuk yaa, wahhh”. Wth gakk sihh. Tapi ini memang beneran lo chingudeul, gaeguri ngeblog biar di anggap ada kerjaan karena pernah suatu ketika tetangga gaeguri lewat dan dia berkata “ ooiii gaeguri, udah tamat kuliah kan? mending bikin les dan jadi guru deh dari pada ngelamun kayak gitu?”. (Idiiihhh… ibuk… lo kira semua sarjana di dunia ini Cuma bisa berakhir jadi guru doang, enggak dodol!!. Untuk menjadi guru itu perlu adanya passion, perlu teorinya, gak Cuma bisa ngasal doang apalagi yang diajar itu anak-anak ingusan yang udah ijo. Lo mau, anak lo gue pukulin satu-satu karena mereka lamban, gak bisa nangkep apa yang udah gue ajarin?, ngak kan? you better shut  your mouth up!, dirt!!) dan padahal waktu itu gaeguri gak lagi ngelamun kok. Heran deh kenapa dibilang ngelamun yak?

Karena gaeguri gak mau di anggap kerjaannya Cuma “ngelamun” doang, jadilah gaeguri bikin blog dan nyoba buat ngisi konten dengan tata bahasa korea karena waktu itu gaeguri gak punya ide buat bikin konten lainnya dan lagi addicted banget sama tulisan korea. Dengan tata bahasa korea itu, gaeguri berharap bisa belajar sambil ngajarin juga. Dan bikin tata bahasa korea itu ternyata ribet juga buat di ketik karena kita bakalan ngetik dengan tulisan koreanya dan tulisan romawinya juga. Kalo di keyboard biasa itu gak ada tanda-tanda tulisan koreanya, dan nulis korea itu gak selancar kalo kita ngetik dengan huruf biasa. Jadi biasanya bakalan makan waktu banget, seharian (pagi-sore) itu Cuma bisa ngasilin 1 konten doang dan gak bisa langsung di post, karena harus editing dulu.

3.      Mengasah kreatifitas dan mengasah kemampuan menulis

Gaeguri akui memang dengan adanya blog kita bakalan semakin dituntut untuk lebih kreatif karena setiap hari kita harus menciptakan konten-konten baru supaya lebih menarik untuk dibaca. Kita juga merasa semakin tertantang untuk menghadirkan konten yang berkualitas (apalagi kalo udah liat-liat blog-blog tetangga yang kece-kece abbeeesss).

Gaeguri gak ada basic “menulis” sama sekali dan gak pernah belajar gimana caranya menjadi penulis yang baik (jadi mohon maklum kalo bahasanya kadang aneh, mohon buat dipahami aja), dan gaeguri rasa awalnya gaeguri bisa nulis itu karena udah sering bikin pembahasan laporan praktikum sama waktu nulis skripsi (iya, emang bener seharusnya pembahasan laporan praktikum dan skripsi itu adalah pembahasan berdasarkan fakta dan data yang udah diperoleh,bukan sebuah karangan semata, tapi gaeguri yakin, emang dari sana deh bibit gaeguri bisa nulis (walaupun tulisan ini gak seberapa, yaudah sik).


4.      Menambah kepercayaan diri dan kemampuan bicara

Kata-kata “pede” itu jauh banget dari diri gaeguri, dengan blog ini, gaeguri mencoba buat lebih pede untuk menunjukkan diri, yaa walaupun orang-orang bakalan gak tau siapa itu “gaeguri” karena gaeguri memang bukan nama asli sih ya. Gaeguri butuh waktu buat ngasih tau orang-orang kalo “gaeguri” itu adalah si Apa.

Kenapa traffic gaeguri masih sepi?

Jawabannya karena emang gak ada yang minat (mungkin), kata kunci gak sesuai, dan sebagainya tapi sebenernya traffic bisa aja datang kalo gaeguri ngadain promosi. Sebenernya gaeguri udah mulai nyoba buat promosi di komunitas blogger, fake akun instagram (iya, fake akun, buat kepo-kepoin doi *eh. Sebenernya fake akun ini buat dijadiin online shop gitu, tapi ribet ternyata kalo kita Cuma sebagai dropshipper, jadi mundur deh dan sekarang Cuma dijadiin sebagai media promosi blog, dan itu masih sepi) dan gaeguri gak tau kenapa sebenernya masih bisa promo ke real akun intagram, facebook, twitter, whatsapp, ataupun line, gaeguri malu.!!. (Sedikit lebih lama lagi gaeguri bakalan promosi ke media-media itu kok, tenang aja, nunggu kepedean gaeguri hadir dulu dan gaeguri yakin gak bakalan lama lagi, percaya aja))

Kemudian menambah kemampuan bicara, percayalah sebenernya waktu gaeguri ngetik ini, gaeguri lagi ngomong lo walaupun Cuma di dalam hati, dengan begitu kan termasuk melatih kemampuan bicara kan, tanpa blog belom tentu juga gaeguri ngomong dalam hati kayak sekarang kan?



Oke chingudeul, itu adalah beberapa alasan kenapa gaeguri lebih memilih ngeblog. Ada yang niat ngeblog juga?  Alasannya kenapa? Tell me your story ๐Ÿ˜

Semoga bermanfaat dan gaeguri semakin bisa pede, dan gaeguri bisa semakin lebih iklas, sabar, dan bersyukur, chingudeul juga ya…


Annyeong chingudeul-a ~~

9 komentar:

  1. Cobalah beli domain .com agar blog lebih menarik dan tentunya terlihat lebih serius ngblog.

    Aku sih belum terafiliasi dengan situs manapun. Beberapa kali daftar adsense juga ditolak. Belum tahu kurangnya dimana. Masih perlu belajar lagi agar diterima adsense :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang pengen beli domain nihh. . Tapi takut ga mampu buat bayar jangka panjang.. Pake blogspot aja dulu, yg penting mah masih niat blogging. Dibilang Bukan blogger profesional mah gapapa

      Hapus
  2. Mnrtku...ada baiknya perbaiki dulu estetika kalimat, redaksional dan pemaikaian huruf besar/kecil. Hal simpel ini mgkn bs membantu skaligus evaluasi diri. Salam ๐Ÿ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blog pribadi udah kayak skripsi aja pak harus perbaikan redaksional bla..bla.bla dan huruf besar kecilnya juga hehehe#justsaying

      Terima kasih sarannya

      Hapus
  3. Penjelasannya mungkin bisa straight to the point saja; itu yang lebih diperlukan pembaca daripada panjang tapi esensinya meluber kemana-mana.

    Tetap semangat menulis.

    Salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sengaja gak bikin to the point kak.. Karena pengen jelasin historynya juga.. Aku bikin alasan kenapa aku blogging yaa dari sudut pandang aku.. Jadi bukan untuk alasan umum dan penjelasan umum

      Hapus
  4. Aku juga masih belajar menulis kok, belum bisa luwes untuk menulis. Semangat mari sama sama belajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prinsip aku mah, sebagai seseorang yg gak ada basic nulis, nulis kayak gini aja udah syukur sihh, jadi gak memperhatikan hal2 kecil kayak2 estetika EYD dan lainnya, yg penting nulis dulu. Kalo udah terbiasa, nanti bakalan bagus sendiri tulisannya.. Tulisan apapun bakalan menemukan pembacanya sendiri.. Iyaa.. Ayokk sama sama belajar

      Hapus
  5. Klo saya ngeblog selain nuangin pikiran itu dptin adsense

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Comment

 
Gaeguri Story Blogger Template by Ipietoon Blogger Template