Kamis, 25 Januari 2018

Pengalaman Mencari Pekerjaan

Annyeong chingudeul~

Sesuatu yang kita “tidak inginkan” mungkin akan menjadi sesuatu yang sangat berharga yang dihadirkan Tuhan untuk umatnya, Allah knows best. Chingudeul pada tau kan gaeguri masih seorang pengangguran? Sebenernya beberapa hari yang lalu gaeguri udah mulai kerja di suatu “anggap aja lembaga pemerintahan”, kenapa gak ada nama instansinya sih? Karena emang gak ada namanya atau mungkin Cuma gaeguri doang yang gak tau ya?. Yaudah.. anggap aja namanya “anggap aja lembaga pemerintah” ya chingudeul.

Kenapa gaeguri  bisa keterima dan masuk sebagai pegawai di “anggap aja lembaga pemerintahan” ini?

Waktu itu sekitaran bukan Oktober dan gaeguri lupa persisnya kapan, tapi yang gaeguri inget waktu lagi mau persiapan-persiapan ikut CPNS kementan, gaeguri dikirimin info tentang pekerjaan ini, kakak gaeguri bilang kalo “anggap aja lembaga pemerintahan” ini lagi ngadain rekrutmen besar-besaran se-Indonesia. Pendaftarannya itu dengan menggunakan suatu aplikasi di playstore gitu. Awalnya emang gak ada niatan sama sekali buat daftar disini, seriusan !!. Karena jurusan yang gak sesuai, job desk yang gak ngerti, berhubungan sama masyarakat, dan lain-lain. tapi gaeguri tetep daftar karena kakak gaeguri terkesan maksa daftar disana dan akhirnya gaeguri daftar pada H- berapa hari pendaftaran ditutup. Sebenernya, pendaftarannya gak ribet, proses seleksinya juga gak ribet, tapi gak tau kenapa emang gak niatan sama sekali.

Saking gak niatnya, data-data yang gaeguri input adalah data asli sih tapi bikinnya ngasal, kayak scan ijazah, scan ktp yang ngeblur (karena scannya pake hape doang), pokoknya ngasal deh yang penting itu Cuma “ada” aja. Udah. Waktu pengisian form nama, gaeguri udah gak merhatiin huruf besar, huruf kecil gitu-gitu. Biasanya gaeguri sebisa mungkin buat perfect dalam pengisian form pendaftaran. Contohnya di form nama, gaeguri Cuma nulis “gaeguri story” doang, sedangkan biasanya gaeguri selalu bikin “ Gaeguri Story” (keliatan bedanya gak? Huruf g sama s nya besar), biar keliatan rapi. Untuk alamatpun tetep ngasal doang, pake disingkat-singkat segala. Kemudian untuk form pendidikan terakhir, gaeguri gak nemuin jurusan gaeguri disana dan gaeguri ngasal lagi. Gaeguri Cuma ngisi jurusan yang rada hampir mendekati sama jurusan gaeguri.

Pengumuman kelulusan administrasi. Karena udah gak ngarepin apa-apa dari seleksi ini, gaeguri udah pasrah, mau lulus mau enggak, bodo amat. Tapi gaeguri tetep penasaran sama hasilnya bakalan lulus atau enggak, dan ternyata gaeguri lulus pemirsahh --__--

Selang beberapa hari setelah pengumuman kelulusan administrasi, jadwal dan tempat tes tulis diumumin dan untuk tesnya itu di adain di sebuah hotel gitu di luar kota tapi gak begitu jauh dari daerah gaeguri, palingan Cuma jarak 1 jam perjalanan doang. Jujur gaeguri emang underestimate banget deh sama seleksi ini, bener-bener gak pengen ikutan karena job desknya itu “gak gue banget” deh, tapi apa boleh buat, PENGANGGURAN SIYYY..

Jadwal tes itu hari minggu sekitaran jam 7 pagi (what? Jam 7 pagi udah mulai tes, ayam aja belom bangun kali..)

Note: AYAM : gue udah bangun dari subuh kali, lo aja bangunnya telat, bego!
Calm down yammm


Jarak daerah gaeguri ke lokasi itu sekitaran 1 jam perjalanan, dan gak mungkin pake kendaraan umum buat kesana, kalo harus nginep? Gak ada yang bakalan nganterin ke lokasi karena ke lokasi itu emang gak ada kendaraan umum yang bakal stand by sepagi itu, jadi solusinya adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi, tapi waktu itu gaeguri gak punya SIM, gak diizinin buat berangkat sendiri karena gaeguri gak pernah bawa kendaraan sendiri sejauh itu. Udah kepikiran buat gak berangkat tes karena gak bakalan lolos juga karena gaeguri gak ngerti sama sekali, gak belajar sama sekali (beda banget sama tes CPNS, gaeguri bela-belain belajar), dan gak ada persiapan sama sekali. Tapi gaeguri tetep berangkat tes, alasannya adalah “BIAR NGERASAIN RASANYA TES DI HOTEL” (udik banget sikk? Bodo amat!!). gaeguri akhirnya berangkat kesana diboncengin sama temennya temen kakak gaeguri yang lagi ikutan tes juga.

Gaeguri berangkat dari rumah itu sekitaran setengah 6, sampai dilokasi sekitaran setengah 7 dan sebenernya udah siap-siap dari setengah 5. Kamu tau “ngantuk”nya gaeguri itu kayak apa? Malah malamnya abis begadang lagi.hufftt. dilokasi, nyari kursi tempat tes karena kita gak bisa duduk disembarangan tempat  karena udah diatur, setelah itu nunggu instruksi bla bla bla sampai akhirnya jam 7 lebih dikit kami dipersilahkan masuk dan gak boleh keluar ruangan.

Gaeguri kira, setelah kami dipersilahkan memasuki ruang ujian, tesnya bakalan langsung dimulai, tapi ternyata, ada kata sambutan si A, si B, si C, si D, sampai si Z. O. My God. Ngantuk banget!!. Ngantuk gaeguri bertambah ke level malaikat karena di dongengin sama si A-Z, help me God. Sebenernya bisa aja siy buat tidur soalnya gaeguri ada di bangku paling belakang, tapi gak mungkin banget (sopan dikit napa sikkk). Setelah semua kata pengantar diucapin akhirnya tes dimulai.

Tesnya lucu sihh, pake lembar jawaban computer gitu, plus dibelakang gaeguri ada temen satu SMA satu kelas gaeguri dulu yang lagi ikutan ujian juga, berasa balik ke UN SMA deh, posisinya sama persis. Hahaha. Oiya.. duduknya itu rada dempet-dempetan menurut gaeguri, jadi gampang banget buat kerja sama.

Pertanyaannya itu ada sekitar 240 soal, ada 3 part gitu. Part pertama 60 soal kayak ujian TPA, 60 soal berikutnya materi tentang “anggap aja lembaga pemerintahan” itu dan part ketiga ada 120 soal tentang kepribadian. Part pertama TPA, gampang banget sihh #SombongModeOn, soalnya sebelumnya gaeguri udah ikut tes CPNS kemenkumhan sama kementan yang soalnya jauh lebih sulit dari itu (*iya jauh, kayak aku sama kamu, #eakkkk #plakkk) semua soal kejawab sihh.

Part kedua, semua pertanyaannya ke jawab juga sih, orang tinggal milih antara a, b,c, d, sama e doang kok, tapi gaeguri yakin salah semua deh, hahaha

Part ketiga, bagian kepribadian, dan pastinya gaeguri jawab berdasarkan jawaban yang paling benar, bukan berdasarkan hati nurani (*soalnya gaeguri gak punya hati sikk). Contoh pertanyaannya :
1.        Apakah kamu biasanya memulai obrolan dengan orang lain?
Gak mungkin dong gaeguri jawab “ jangankan memulai obrolan buk, orang ngomong kesaya aja saya cuekin”

2.      Apakah kamu terkadang merasa sedih tanpa sebab? Apakah kamu sering merasa sendiri di tengah keramaian? Apakah kamu merasa sendiri? Apakah kamu sering murung and such
Gak mungkin gaeguri jawab “gue banget tuh buk”

Dari pertanyaannya sih kayaknya mau nanyain masalah emosi, apakah kita pernah ngalamin depresi dan lain-lain. honestly, semua pertanyaan itu jawabannya adalah “iya, saya pernah ngalamin”, kayaknya gaeguri pernah depresi deh. Next story, kita bakalan ngomongin masalah depresi, oke?

Trik buat chingudeul kalau mau tes kepribadian adalah, jangan jawab sesuai hati nurani, karena kita gak lagi pengobatan sama psikiater, kita lagi nyari kerja dan berharap bisa lulus, so ..be smart aja.

Setelah semua tes selesai, itu sekitaran 3 jam dan sebenernya untuk part ketiga ini, sebagaian pertanyaannya gaeguri baca dan sebagian lagi enggak karena gaeguri udah pusing, sakit kepala, magh kambuh karena belom makan dan tangan udah pegel banget. Sebenernya kami di kasih sarapan sih, tapi gaeguri gak pernah sarapan, jadilah semua penyakit anak kosan nyamperin gaeguri. (IYA, gak sarapan itu gak baik chingudeul, jangan ditiru yaa). Setelah tes, yang paling gaeguri kangenin Cuma satu, yaitu kamu kasur. Pengen pulang banget.

Hari itu gaeguri sampe di rumah udah sorean karena sesuatu dan lain hal, walaupun selesai tes udah dari siang tapi tetep sampe dirumah agak sorean dan gaeguri langsung tidur, besok paginya DEMAM, yeay hahaha. Lemah banget sikk.

Setelah nunggu sekitaran 2 mingguan, pengumuman kelulusan diumumin (jadi itu setelah pengumuman kelulusan cpns kementan), karena dari awal gaeguri emang gak niat ikutan tes, malah sempet mikir kalo misalnya lulus gak bakalan gaeguri ikutin prosedur selanjutnya. (tesnya Cuma sekali doang, setelah pengumuman ini 100% kita bakalan kerja disini). Dan ternyata gaeguri LULUS manteman --__--. Udah galau dong mau lanjut mau enggak, tapi karena dorongan sanak saudara, dan supaya status pengangguran ini cepat berganti jadi akhirnya gaeguri melanjutkan prosedur selanjutnya.


God.. please teach me how to be ikhlas and be grateful for the blessed that you had  given to me, aminn!!

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Comment

 
Gaeguri Story Blogger Template by Ipietoon Blogger Template