Jumat, 01 Mei 2020

Melukis, Hobi Baru Gue


Annyeong chingudeul~

Pernah bingung gak sewaktu diberi pertanyaan “Apa hobi lo”?. Gue pernah  bingung untuk menjawab hal ini. Gue gak punya hobi kayak orang-orang yang sangat tekun terhadap hobi itu. Gue gak punya bakat apapun dan gue tidak punya ketertarikan kepada suatu hal yang benar-benar spesifik. Gue suka random things sama seperti hidup gue yang random.

Saat mengisi form apapun dengan pertanyaan hobi, gue selalu menjawab “mendengarkan musik atau jalan-jalan”. Dan batin gue menolak untuk menyetujui hobi gue itu. Gue memang suka mendengarkan musik, tapi gue gak ngerti bahasa musik gue hanya penikmat musik biasa. Untuk jalan-jalan, gue yakin jalan-jalan bukan hobi gue, karena tidak banyak daerah yang pernah gue tempuh. Untuk wilayah Sumatera barat saja, ada 19 kabupaten/kota dan gue yakin belum setengah dari kabupaten/kota itu yang pernah gue jelajahi, apalagi provinsi lainnya.

Seiiring waktu berjalan, gue menemukan hobi gue. Hobi gue adalah “mencari hobi baru”. Hidup gue random, jadi gue suka hal-hal random. Gue pernah menyukai kerajinan tangan dari kain flanel, gue pernah merajut, gue pernah bikin bola dari kertas origami, gue pernah suka nonton, gue pernah belajar musik, gue pernah mewarnai, melakukan kerajinan tangan lainnya, gue suka masak, gue suka olahraga, jalan-jalan, foto-foto, menulis, membaca, belajar bahasa baru,  handlettering, bullet journal dan berbagai macam hal lain yang orang-orang jadikan hobi.

Gue suka melakukan semua hal itu, tapi dengan siklus yang berganti-ganti. Karena gue mudah bosan. Gue akan berhenti melakukan sesuatu hal jika gue sudah punya minimal 1 hasil saja. Gue mudah bosan dan gue mudah puas. Disaat kepuasan gue tercapai, gue akan mencari hal baru lainnya.

Akhir-akhir ini, gue menemukan hobi baru. Hobi baru gue adalah MELUKIS. Hahaha.  Lukisan yang gue pelajari saat ini dengan media kertas dan kanvas dengan menggunakan cat akrilik.  Melukis adalah kegiatan yang beberapa tahun lalu terpikirkan tapi tidak pernah terealisasikan karena gue gak mampu beli cat lukis. Jaman dulu, cat akrilik merek Marie’s 12 tube dengan isi 12 ml per tube, punya harga 100ribuan lebih disebuah toko buku terkenal. Jelas dong, mahasiswa kere kayak gue gak mampu beli hanya untuk mengikuti keinginan hobi yang random yang belum gue sadari apa fungsinya itu.

Time flies, gue pernah lupa sama keinginan gue itu. Selang beberapa tahun, gue kepikiran lagi karena gue pengen bikin sepatu lukis. Haha. Waktu itu, gue sempat beli sepatu putih polos 50ribuan dan satu set kuas 10ribuan. Harapan gue adalah 2 benda itu sebagai alat “pancingan” supaya gue bisa menyisihkan uang gue untuk beli cat akrilik. Nasib 2 barang itu, hidup masing-masing tanpa ada sentuhan cat dan keberfungsian dari kuas. Failed lagi untuk bisa beli cat.

Beberapa tahun lagi berlalu, gue tamat kuliah, gue nganggur, dan akhirnya gue mempunyai kerjaan, cat akrilik masih belum ada dipikiran gue saat itu.

Beberapa waktu lalu gue liat tayangan youtube tentang lukisan, dia bikin cherry blossom yang keliatannya simple, tapi gue yakin gak sesimple kelihatannya. Di titik itu, gue kepikiran cat akrilik lagi sampai akhirnya sepatu putih brand luar negeri gue kena bintik hitam dan gak bisa dibersihkan. Cerita sepatu gue ada disini. Akhirnya, gue kepikiran untuk nge-cat sepatu putih gue.

Akhirnya gue beli cat akrilik melalui shopee. Gue punya voucher diskon 50% untuk pembelian pertama, voucher gue TIARAY69, potongan diskon sampai 30ribu koin shopee dengan minimal belanja 30ribu.

Lukisan pertama gue,  beautiful night with messy silhouette, lol


Dan sejak cat akrilik dan alat lukisnya sampai, gue punya hobi melukis. I don’t believe that i can do painting. Beneran. Melukis yang simple gak sesusah menggambar. Menggambar jauh lebih susah.

Terinspirasi dari Youtube,  dengan eksekusi versi gue


Gue sadar, lukisan yang gue hasilkan sangat basic, tapi gue mau belajar and i do it just for fun. Gue yakin we don’t need to be good at it, we just have to enjoy it. Selama itu menyenangkan, GO AHEAD!!!!


Masalah hobi, hobi bukan sesuatu yang we expert about that things, tapi sesuatu yang kita suka lakukan, walaupun hanya sebuah random things yang kita pun gak tau arahnya bakalan kemana. We just need to enjoy the process, if a “thing” can make you happy and positive, do it. Hobi juga bukan tentang bakat. Jika harus menunggu berbakat dulu, baru “do something”, then you will do nothing. Gue yakin bakat itu ada yang datang setelah kita mencoba dan melatih dengan tekun.


Don't focus on the boat,  gue tau kapalnya gak indah

 

Melukis itu sama kayak mengambil sebuah keputusan. Harus benar-benar dipertimbangkan. Dengan sebuah background yang sudah indah kemudian kamu harus mengambil langkah lainnya agar lukisan itu menjadi lebih indah. Pada tahap ini, goresan-goresan yang akan diberikan harus di pertimbangkan secara matang,  if you do not want to messed everything. Jika salah-salah goresan, lukisan bisa rusak. Tapi, lukisan itu tempat kita bebas mengekspresikan apapun, walaupun terkadang terkesan “rusak”, if you can give it “the meaning”, never mind, gak ada masalah apapun. Kanvas itu dunia kamu, you can put everything that you want there, you are the God of your canvas. I love painting.

 


Contoh di youtube bagus sekali.  Pohon gue aneh.  But it's almost looks like real photo. Lol.. Tangan gue beserta jari jari selalu belepotan sehabis ngelukis. 

Gue menganggap ini adalah sebuah cherry blossoms tree.  Gue tau itu berantakan. But I'm very proud of my self karena bisa bikin lukisan ini. Inspired by youtube video,  named "Wow art".

 

 

TAPI, setelah di compare sama lukisan di youtube "wow art", ....

 


Nyali gue ciut gais.  Inilah perbedaan antara ekspektasi dengan realita yang ada.  Gue tau,  lukisan ini jauh berbeda. Keliatan banget gue anak baru belajar megang kuasnya. But i still learning. And the important thing of it, i do it just for fun.  Dan karena lukisan ini, gue kembali memikirkan cat akrilik dan berniat buat belajar melukis.


Terus bergerak dan #mulaiajadulu, pada semua hal.

Btw, sepatu putih gue gak jadi di cat, gue beli sepatu baru buat dilukis. Semoga sepatu lukisnya jadi. hahaha

24 komentar:

  1. Saya suka lukisan paling akhir. Tree of Cherry Blossom.

    Untuk Gambar kapalnya lebih tegas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you.~~

      Pemula banget soalnya, tangan masih kaku gitu pegang kuas.. Hehe

      Hapus
  2. tapi bagus kok,, saya suka... yah gambar kan emnk susah, tapi tiap orang punya gayanya masing-masing. sama kaya tulisan, gaya tiap orang beda-beda.. Kalau sering dilatih pasti nnti bakal nemu gayanya sendiri, konsepnya sndiri.

    WOWart yah, salah satu idola saya itu.. :D sama TheGalsir kalau mbanya belum tau. gambar dia unik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. The ghalsir ngelukis di tablet itu kan?? Dia lebih ke digital painting

      Hapus
  3. Sama saya juga suka bingung kalau ditanya hobinya apa sebab ngga punya hobi (sedih). Menurut saya biarpun pemula lukisannya sudah bagus dan saya suka dengan lukisan yang pertama itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you~~
      Ternyata gue gak sendirian gak lunya hobim kita kita yang gak punya hobi pasti suka gonta ganti "ketertarikan", makanya seakan akan gak punya hobi, padahal sebenernya kita punya banyak hobi

      Hapus
  4. Jarang blog yang membahas seni lukis, apalagi penulisnya juga jago melukis. Disebut seni tentunya otak kanannya harus kuat, imajinasinya luar biasa. Semoga bisa menjadi pelukis profesional. Oh ya saya follow blog ini. Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya masih pemula banget pak. Dan masih pake contekan.. Kalo ngelukis sendiri belom bisa, gak bisa mengimajinasikan gambar

      Hapus
  5. dulu waktu SMP dengan yakinnya aku bisa melukis,sempet ikut ekskul melukis, setelah dijalani kok hasil gambarku biasa aja. heran juga kenapa nggak'secantik atau seestetik' mereka mereka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngelukis itu terkesan gampang, padahal butuh kesabaran, ketabahan dan rajin rajin berlatih. Intinya tekun aja dalam melakukan suatu hal. Lama2, hasilnya bakalan seestetik orang-orang kok

      Hapus
  6. Annyeong. Bagus juga kow hasil nya. Ngisi waktu luang saat kondisi kayak gini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Apalagi sekarang bulan puasa, other way to ngabuburit, karena lagi gak bisa kemana-mana. Lumayan, ngelukis ngabisin waktu jugam gak berasa udah beduk aja. Hahaha

      Hapus
  7. Keceee ih, kl gambarku tak bikin grid gini antara ekspektasi vs realita nggak bakal sebagus lukisanmu itu mbak. Hhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waahhh... Thank you lo udah bilang bagus. Tapi di foto kadang emang lebih bagus, aslinya mah, ancuuurr.. Hahaha

      Hapus
  8. Keren Mbak lukisannya, kalo saya sih hobby menggambar, tapi nggak pande mewarnainya.
    Hitam putih abu-abu aja deh gambarnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak sihh orang yang gak bisa mewarnai.. haha.. dulu temen aku ada yang bisa gambar "orang" tapi gak bisa menggambar detail wajah, katanya lebih sulit, jadi gambar dia selalu tanpa wajah

      Hapus
  9. Lukisan cherry blossom yang saya suka.. bagus hasilnya ๐Ÿ‘Œ๐Ÿ™‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. thank you udah bilang bagus, sayangnya gak mirip cherry blossom, huhuhu

      Hapus
  10. Lahhh ini sih bagus bangettt

    La gw, suruh nulis rapi aja remidi. Apalagi nulis. Nilainya langsung E kali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. orang pinter terkadang emang punya tulisan yang jelek sihhhh

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. kata si creative creator terkenal di twitter, semua karya itu bagus, karena punya ciri khas masing-masing

    *btw your comment marketing in my blog is working lol

    BalasHapus
  13. Bagus bagus. Makin diasah makin bagus nih pasti.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Comment

 
Gaeguri Story Blogger Template by Ipietoon Blogger Template