Senin, 20 Februari 2017

Cara Membuat Origami hanbok


 





Annyeonghaseyo Chingudeul..

Yeogi Gaeguriyeyo..

Hell-o Monday..
Do you hate or love Monday?

Mungkin Chingudeul sudah mulai bosan belajar tata bahasa Korea? Karena Gaeguri selalu post konten-konten bertemakan “tata bahasa Korea”, okee.. kali ini konten Gaeguri bukan menceritakan tentang tata bahasa. Sebagai hiburan menghilangkan stress dan mengembangkan kreativitas Chingudeul, kali ini Gaeguri akan mengajarkan “teknik lipat kertas” atau yang biasa orang-orang sebut adalah ORIGAMI. Origami kali ini tetap mengusung tema “Korea selatan”. Pelajaran origami pertama ini adalah bagaimana cara membuat hanbok dari kertas origami.

Chingudeul tahukan, apa itu hanbok??

Yaaappp… majayo.. hanbok adalah baju tradisional dari Korea selatan, kebayanya orang indonesia.. something like that..

Tanpa memperpanjang mukodimah… Here we go..CARA MEMBUAT HANBOK

Alat- alat dan bahan yang Chingudeul perlukan adalah :
1.        Kertas origami (paling penting)
2.       Gunting
3.       Rol
4.      Glue (lem)
5.       Double tip

Langkah-langkah yang harus perlahatikan dalam mebuat origami adalah (liat gambarnya yaa Chingudeul, untuk memudahkan Chingudeul belajar membuat origami hanbok)
1.        a membuat chima/ rok hanbok

Pertama-tama, siapkan kertas origami utuh (berbentuk persegi), (ukurannya bebas, kalo kecil, maka chima Chingudeul akan kecil dan begitu sebaliknya). Kemudian lipat kertas pada sisi diagonalnya. Lakukan untuk kedua sisi. Kemudian lipat bagian tengahnya (membentuk persegi panjang) lakukan untuk kedua sisinya. hal ini akan memudahkan Chingudeul untuk melakukan tahap selanjutanya.


Kemudian, tekuk bagian tengah sehingga membentuk bagian segitiga, lakukan untuk kedua sisinya (sehingga seperti pada gambar)

Selanjutnya, ambil salah satu ujung bagian bawah kertas kemudian lipat ke bagian tengah, lakukan untuk kedua sisi

Balik kertas tersebut, kemudian lipat bagiang ujung bawah dari segitiga, lakukan untuk kedua sisi sehingga membentuk “seperti” belah ketupat”

Hasil lipatan dari sisi tersebut, kemudian di masukkan ke dalam  bagian kertas (seperti gambar) dan bagian depan yang menjuntai juga dimasukkan ke dalam.

Chima hanbok Chingudeul done..(sisihkan!, )



2.       Membuat jeogori (baju atasan)
Siapkan kertas berukuran kkurang lebih 3 x 5 cm. lipat bagian tepi dari kertas sehingga sisi putih kertas kelihatan. Lakukan dua kali lipatan agar hasinya lebih bagus. 

Lipat bagian kiri kertas sehingga membentuk seperti gambar, kemudian lipat lagi bagian kanannya, setelah itu gunting bagian yang Chingudeul tidak ingin (kalo Gaeguri, hanya menggunting bagian bawahnya, jeogeum..)

Jeogori done, (sisihkan)

3.       Membuat tangan hanbok
Siapkan kertas berukuran 3 x 8 cm. lipat bagian yang lebih pendek sehingga bagian putih dari kertas kelihatan, lakukan untuk kedua sisi.

Lipat bagian memanjang ke dalam, lipat menjadi dua bagian. Kemudian lakukan untuk bagian lainnya (seperti gambar)
 
Setelah itu, lipat bagian ujung kertas ke tengah garis yang terbentuk tadi, lakukan ke dua sisi sehingga membentuk tangan (liat gambar dehh,, biar jelas.. Gaeguri rada-rada susah menjelaskan dengan kata-kata ^_^)


Tangan hanbok done

4.      Menggabungkan chima, jeogori dan tangan
Pertama-tama agar jeogori Chingudeul tidak gampang copot, Chingudeul tinggal memberi double tip pada jeogori Chingudeul.. 


kemudian beri double tip pada bagian belakang chima Chingudeul.. kemudian lekatkan jeogori pada chima (bagian dalam jeogori). 

Setelah itu  tempelkan tangan pada jeogori

Hanbok tanpa otgoreum (pita) serasa belum hanbok kan Chingudeul.. haha
Selanjutnya, ambil kertas berukuran 10 cm x 2 mm, kemudian lipat mejadi 2 bagian.. lipat bagian ujung kertas tersebut (seperti gambar), tempelkan pada hanbok Chingudeul..

Hanbok perfectly done..


Mudah kan Chingudeul… semoga bermanfaat dan (juga) mudah untuk membuat origami hanbok ya Chingudeul

Annyeong….


1 komentar:

  1. imut banget, aku nyobain belajar biar bisa ngajarin anak-anak didikku di kelas, tapi ternyata egk segampang yang ditulis, kertanya sampe lecek gara-gara bongkar pasang bongkar pasang, akhirnya bisa juga bikin 1 yang rapi

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Comment

 
Gaeguri Story Blogger Template by Ipietoon Blogger Template