Jumat, 03 Februari 2017

CARA NULIS BAHASA KOREA


Annyeong Chingudeul-a~~
Gaeguriimnida..~

Gaeguri balik lagi dengan konten bahasa Korea yang sebelumnya sudah kita pelajari. Setelah sebelumnya Chingudeul belajar huruf-huruf Korea, sekarang Gaeguri bakal bahas mengenai cara menulis huruf Korea.

****

Tulisan Korea kok kayak enggak ada yang sama gitu ya?

Kayak huruf China ya?

Kayak kanji di Jepang ya?

Banyak amat kanjinya?

Mungkin pertanyaan-pertanyaan di atas adalah sebagian kecil pertanyaan yang terlintas di kepala Chingudeul. Sebenarnya, kata dalam bahasa Korea merupakan kumpulan atau gabungan dari huruf-huruf sama seperti tulisan Romanization, hanya saja kata-kata dalam bahasa Korea ditulis dengan beberapa aturan dan dengan penggalan-penggalan tertentu sehingga menjadikan sebuah kata.
Aturan-aturan dalam menulis dengan huruf Korea bisa Chingudeul simak di bawah ini :
1.        Seperti yang sudah Chingudeul ketahui, huruf Korea terdiri dari 14 konsonan tunggal, 5 konsonan gabungan, 9 vokal tunggal dan 12 vokal gabungan. (udah pada hafal dong ya?).
2.      Huruf konsonan tidak bisa berdiri sendiri, untuk itu perlu digabungkan dengan huruf vocal. Misalnya kata “sarang”. Terdiri dari “sa” dan “rang”. Suku kata pertama “sa” merupakan gabungan dari huruf “s” dan “a”. sedangkan suku kata kedua “rang” terdiri dari huruf “r”., “a”., dan “ng”.
3.       Huruf- huruf vocal jika berdiri sendiri maka harus ditambahkan huruf “ieung ()” sebelum huruf tersebut (ingat ya Chingudeul, hanya berlaku untuk huruf vocal saja)
4.      Huruf vocal tunggal maupun gabungan terdiri dari huruf horizontal dan vertical.
a.      Huruf horizontal merupakan huruf yang berbentuk mendatar.
Yang termasuk huruf horizontal adalah , ,,, (yo, o, yu, u dan eu)
b.      Huruf vertical merupakan huruf yang berbentuk tegak
Yang termasuk huruf vertical adalah , , , , , , , , , , , , , , , (yeo, ya, yae, e, eo, a, I, ae, ye, eui, wa, wae, oe, weo, wi dan we)
5.      Penggalan suku kata dalam bahasa Korea sangat penting Chingudeul, karena jika salah memenggal suku kata tersebut bisa melahirkan kata yang berbeda.
6.      Biasanya penggalan suku kata dalam bahasa Korea terdiri dari 1-4 huruf. (Tergantung katanya juga Chingudeul, tapi biasanya kita menggunakan 1-3 huruf untuk masing-masing suku kata. Suku kata yang terdiri dari 4 huruf biasanya merupakan akhiran konsonan. Chingudeul bisa skip “suku kata 4 huruf” dulu supaya tidak membingungkan, 알았지? aratji?)

Contoh penulisan :
1.        Sarang >> penggalannya >> sa-rang >> >> 사랑
2.      Unmyeong >> un-myeong >> >> 운명
3.       Hanguk >> han-guk >> >> 한국
4.      Jebal >> je-bal >> >> 제발
5.      Hanbok >> han-bok >> >> 한복
6.      Seo In-guk >> Seo in guk >> 서인국
TASK !!
Chingudeul bisa menulisnya dibuku latihan, okee!!
1.       Kimchi
킴치
2.      Gimbab
김밥
3.      Annyeonghaseyo
안녕하세요
4.      Gongbuhae
공부해
5.      Mianhae
미안해
6.     Ganda
간다
7.      Saranghaeyo
사랑해요
8.     Johahae
좋아해
9.     Oreganmaniyeyo
오레간만이예요
10.  geogjeong
걱정

FOR YOUR INFORMATION
-         the more you learn, the more you get.
Semakin banyak latihan maka Chingudeul akan lebih mudah memenggal kata  sehingga semakin mudah buat Chingudeul menulis dengan huruf Korea

-         DiKorea pun, anak-anak di ajarkan cara memenggal suku kata.
(ingat dong sama drama “Shopping King Louie”, disana ada scene dimana Louie sering melakukan kesalahan dalam menulis, terus lagi ada scene dimana Louie belajar buat menulis (memenggal kata), jadi tidak perlu malu jika hari ada kesalahan , yang penting adalah belajar dan berusaha agar hasilnya lebih baik lagi

-        yang terpenting adalah “Practice makes perfect”

RAJIN BELAJAR MENULIS YAA CHINGUDEUL….

Annyeong Chingudeul-a~~~

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Comment

 
Gaeguri Story Blogger Template by Ipietoon Blogger Template