Jumat, 18 Mei 2018

Resep Nugget Pisang


Annyeong chingudeul~

Kemaren tepatnya 17 Mei 2018 adalah 1 Ramadhan 1439 H, berarti pada bulan ini, umat islam seluruh dunia udah mulai untuk melakukan ibadah puasa. Chingudeul pada puasa gak? Wajib yaa chingudeul gak boleh gak puasa oke??! Bagi gaeguri, hal yang paling di tunggu tunggu selama ramadhan atau puasa adalah azan magrib,setuju? LOL.


Waktu buka puasa kemaren, gaeguri mencoba untuk membuat satu menu kekinian yang udah booming banget di beberapa waktu lalu tapi baru kesampaian buatnya kemaren. Pada tau gak?? Oke gaeguri kasih clue, makanan manis yang diadopsi dari makanan gurih yang disukai anak-anak yang biasanya terbuat dari ayam, danging, atau sayuran tapi kali ini diganti sama “pisang”? hayooo tebakkk~~~ (udah ketebak dari judulnya kali)LOL


Makanan yang gaeguri buat adalah NUGGET PISANG. Nugget pisang adalah jenis makanan upgrade_an dari sebuah pisang menjadi bentuk yang lebih menarik dan bentuk yang lebih mempunyai nilai jual. Padahal ini Cuma pisang lo guys, anehnya viral banget sampe antrian untuk pembelian nugget pisang ini sampai berbulan-bulan (masa iya sih, lebai)


Oke.. kita mulai masak..
Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah :

1.        8 buah pisang (gaeguri pake pisang raja, sebenernya bisa pake pisang apa aja sihh)
2.      1 butir telor
3.      2 sendok makan gula
4.      2 sendok makan susu kental manis
5.      1 sendok teh garam
6.      Sejumput vanili
7.      7 sendok makan tepung terigu
8.      Tepung panir
9.      Aneka topping

Langkah-langkah pembuatannya adalah :
1.        Kupas kulit pisang dan kemudian hancurkan
    Pada bagian ini, chingudeul bisa menggunakan food processor atau blender untuk menghancurkan pisang tersebut, kalo gak punya, bisa pinjam tetangga bisa gunain garpu atau sendok aja. Gaeguri sengaja gak terlalu menghaluskan tekstur pisang karena capek biar ada tekstur-tekstur pisang yang masih keras.


2.      Campurkan gula, garam dan vanili sesuai takaran, tapi kalo pengen lebih manis bisa tambahkan beberapa sendok gula lagi, ini sesuai selera aja sihh.


3.      Tambahkan telur.
Untuk menghindari bau amis dari telur, gaeguri Cuma pake 1 butir aja.

4.      Tambahkan susu kental manis

Ini tujuannya biar menghasilkan nugget pisang yang creamy, bisa diganti sama susu bubuk atau creamer kalo chingudeul suka, atau bisa juga diskip aja.

5.      Kemudian masukkan tepung terigu.
Disini, gaeguri gunain rada banyakan gitu karena gaeguri suka sama tekstur yang sedikit keras dari tepung terigu. Kalo chingudeul pengen lebih dominan rasa pisang dan tekstur yang lebih lembut, penggunaan tepung terigu juga bisa dikurangin 2 -3 sendok makan.

6.      Olesi Loyang dengan margarine dan tepung terigu.
Hal ini tujuannya biar gampang untuk mengeluarkan adonan nugget dan biar gak lengket. Tapi sebaiknya gunakan kertas roti, karena bakalan lebih memudahkan untuk mengeluarkan isinya.

7.      Masukkan adonan nugget pisang ke dalam Loyang dan di ratakan.


8.      Kukus adonan selama 15-20 menit sampai adonan mengeras.


9.      Setelah dingin, tiriskan dan keluarkan adonan dari Loyang, kemudian iris sesuai selera. Bisa memanjang (nugget stick) atau bentuk gepeng (nugget gepeng, LOL)


10.   Lakukan double coating.

Disini gaeguri Cuma pake tepung terigu encer dan tepung panir doang, harusnya pertama adalah membaluri calon nugget dengan tepung terigu kering, kemudian masukkan kedalam telur yang di kocok lepas, kemudian masukan ke dalam tepung panir kering.


11.     Diamkan 30-60 menit didalam kulkas, agar coating-an yang kita lakukan melekat sempurna.
12.    Goreng nugget sampai kuning keemasan.
Nugget ini juga bisa disimpan di dalam freezer kalo chingudeul belom mau menggorengnya sama kayak nugget biasanya.


13.    Tambahkan topping sesuai selera.
Disini gaeguri menggunakan topping : chocolatos, keju dan susu kental manis.





Oke chingudeul, selamat mencoba yaa..

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Comment

 
Gaeguri Story Blogger Template by Ipietoon Blogger Template