Sabtu, 16 Mei 2020

Masak Gampang dengan Yummy App

Annyeong Chingudeul~~

 

Pernah tidak merasakan, disuatu malam ingin makan sesuatu tapi bingung mau makan makanan apa atau bingung cara membuat suatu makanan. Sungguh dilema yang sulit untuk dipecahkan karena keinginan yang gak karuan ini. Dilema ini ditambah lagi dalam suasana virus viral yang bernama Corona Virus Disease 19 (Covid-19) yang menyebabkan ketidak berdayaan diri untuk bisa kelayapan nyari makanan-makanan yang diinginkan mata. Lol. Satu hal lagi, biasanya mulai pertengahan Ramadhan seperti sekarang ini, kita mulai kehabisan ide untuk dijadikan menu berbuka puasa atau menu saat sahur.


Biasanya, dikondisi yang seperti ini, gue mulai searching menu masakan yang ada di Instagram ataupun Youtube. Tapi gue sering kesulitan menemukan makanan yang pas karena keterbatasan bahan baku masakan yang bervariasi nan eyes catching, karena gue bertempat tinggal hanya di sebuah kota kecil yang jarang menemukan bahan masakan yang bervariasi, apalagi untuk bahan masakan western. 

 

Aplikasi Yummy App di playstore

Beberapa waktu lalu, gue menemukan sebuah akun instagram bernama Yummy.idn, akun tersebut menyajikan tutorial memasak sampai share resep-resep makanan, bagi gue yang amatiran dalam memasak, gue bisa mengkategorikan akun ini sebagai akun yang mempunyai tutorial yang gampang untuk diikuti dan informatif. Setelah mengikuti akun tersebut, ternyata tidak hanya mempunyai akun instagram, Yummy.idn juga mempunyai sebuah aplikasi yang bernama Yummy App (bisa chingudeul download di playstore), semacam akun para chef yang juga bisa dijadikan sebagai media untuk berbagi resep sendiri ataupun aplikasi untuk menonton sebuah tutorial memasak. (Pengguna aplikasi dipanggil chef, hehehe)


Yummy adalah multimedia platform food-focused media digital  dibawah naungan IDN Media, yang berfokus kepada masakan dan makanan yang membahas mengenai resep, tutorial dan tips memasak. Salah satu platform Yummy khusus untuk resep, tutorial dan tips masakan bernama Yummy App. Di aplikasi ini selalu menyajikan konsep tutorial dengan langkah yang mudah dan terdiri dari 5 langkah. Yummy juga mengangkat tema #MasakituGampang.

 

Menu di Yummy App terbagi menjadi beberapa bagian, seperti, menu-menu trending, akun official, inspirasi menu ramadhan, penjaga imunitas, menu sahur, dan resep terbaru. Dalam pencarian menu masakan bisa sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing. Menu-menu ini sangat cocok mulai dari balita sampai lansia.  Yang menarik adalah ada bagian “penjaga imunitas”, sangat cocok untuk mereka-mereka yang memerlukan panduan menu dalam mempertahan diri dari serangan Covid-19.

 

Selain fitur-fitur tersebut, ada beberapa kelebihan yang terdapat pada Yummy App, diantaranya,

Diunggah oleh chef Pro dan kita semua

ada Chef Arnold kan? hehe

Resep-resep yang berada dalam aplikasi ini adalah resep yang dihasilkan oleh tim chef dari Yummy itu sendiri. Selain para chef, sebagai pengguna biasa pun kita bisa meng-upload resep-resep kreasi kita sendiri. Dan pada bagian ini, kita juga bisa menghasilkan uang, karena setiap resep yang kita upload akan di konversikan sebagai point Yummy, yang bisa di uangkan. For more information, kunjungi web resmi Yummy. Hehe. Ada chef Arnold Poernomo juga, by the way. hihihi

 

Banyak menu dan bisa disesuaikan dengan bahan baku yang kita miliki

Menu-menu yang bervariasi yang bisa dijadikan referensi dikala kehabisan ide memasak. Mulai dari masakan manis sampai masakan pedas. Di aplikasi ini, kita juga bisa filter makanan sesuai dengan bahan baku yang kita miliki. Hal ini memudahkan kita menemukan menu masakan dan tidak membingungkan kalau bahan baku tidak tersedia.

 

Terdapat kategori memasak

Dikategori ini terdiri dari Yummy tips untuk berbagi tips memasak, Yummy resep dasar untuk share resep dasar masakan seperti pembuatan kulit lumpia; bumbu merah; bumbu kuning dan lainnya, makanan pembuka, makanan utama, makanan penutup, cemilan, makanan pendamping seperti per-saos-an, dan terakhir kategori minuman. Totaly complete chingudeul~

 

Ada menu trending


Layaknya video di Youtube, di Yummy App juga memiliki menu-menu yang trending. Menu ini sudah terbukti banyak diiukuti orang lain, gue juga pernah bikin makanan dari menu trending ini dan hasilnya Amazing, sebuah makanan yang tidak pernah terbayangkan untuk membuatnya, hadir didapur gue dan itu adalah hasil masakan gue sendiri. Makanan itu adalah Pangsit Tahu Ayam. Dan as always, rasanya sangat enak dong. Let’s try it too, dan gue bakalan pastiin menu ini gak bakalan gagal kalau mengikuti step dengan benar.



ini proses penggorengannya, by the way, yang satu bukan gosong yaa, cuma kececer sama teman-temannya yang lain aja.


Tutorial yang gampang diikuti

Kelebihan Yummy App lainnya adalah tutorial yang gampang diikuti. Dengan mengusung tema #masakitugampang, Yummy menyediakan 5 langkah dalam memasak yang disajikan dalam bentuk video. Tidak hanya video, di aplikasi juga menyediakan tulisan langkah-langkah yang dijabarkan dengan bahasa yang mudah dimengerti penggunanya. Selain itu video ini juga gak makan banyak data karena durasi yang panjang, cukup 30 detik sampai 60 detik. Cukup simple untuk diikuti, jika masih bingung sama step-step memasaknya, bisa screen capture yang bagian tulisannya, problem solve.

 

Ada tips dan trik

Selain menu masakan pada umumnya, Yummy juga menyediakan tips dan trik pada saat memasak. Bisa kita terapkan bagi pemula nih. Tips dari Yummy contohnya tips penyimpanan makanan, tips cara memotong sesuatu, tips dalam pembuatan bahan baku yang sebenarnya simple untuk dibuat tapi kalau kita beli bakalan mahal, misalnya chili oil, garlic oil, dan lain-lain.

 

Tersedia menu MPASI

Bagi ibu-ibu yang mempunyai bayi yang sudah makan, biasanya bakalan kesusahan untuk membuat makanan pendamping ASI, apalagi ibu muda yang belum terlalu berpengalaman dalam membuat MPASI. Di Yummy App, juga ada tutorial dan resep memasak makanan pendamping ASI, dengan bahan-bahan yang seadanya tetapi disukai balita dan yang paling penting adalah tidak ribet cara bikinnya.

 

Bisa masak apa saja karena #MasakituGampang

Gue sering explore masakan-masakan yang “gak mungkin” gue bikin, mulai dari masakan Indonesia sampai masakan mancanegara. Setelah searching tutorial memasaknya, ternyata gak sesulit yang dibayangkan karena pada dasarnya #MasakituGampang, tergantung niat chingudeul dan sugesti kepada diri sendiri.

Gue pecinta mie dan beberapa kali bikin menu berbahan dasar mie, seperti, mie tek-tek, udon dalkkalbi, mie sayur pedas instan, dan makanan-makanan lainnya dan terlintas di beranda instagram gue dari Yummy.idn. Yummy.idn udah kayak surganya makanan deh. Auto ngiler saat ini.

 

Event-event yang beragam

Yummy juga mengadakan event-event yang bervariasi setiap periodenya. Setiap event sudah pasti ada reward-nya, lumayan Lho bagi chingudeul bukan sekedar untuk menyalurkan hobi masak dengan upload resep tapi juga mendapatkan hadiah-hadiah menarik dari Yummy, contoh reward-nya adalah motor, uang tunai dan lainnya serta yang paling penting adalah kebahagiaan hati dan kepuasan batin jika resep kreasi chingudeul diikuti oleh jutaan orang diluar sana.

 

Media digital Yummy ini terdiri dari facebook (Yummy Indonesia), instagram (@Yummy.idn), website (www.yummy.co.id) dan aplikasi (Yummy App). Masing-masing platform ini memiliki fungsinya masing-masing bagi gue. Untuk Facebooknya, biasanya gue share resep ataupun untuk menyimpan resep yang akan gue masak. Di instagram, biasanya adalah guide gue ketika buntu ide memasak, seketika bakalan ada menu-menu baru yang punya magnet untuk di eksekusi, gue juga sering save resep-resepnya di Instagram, dan terakhir aplikasi Yummy App, berfungsi untuk panduan gue jika ide masak sudah ada, tapi tidak tau cara memasak makanan tersebut, kemudian juga untuk panduan gue ketika bahan baku dikulkas sudah ada tapi bingung sama resep yang akan dibuat.

 

Kita semua butuh Yummy App untuk keberlangsungan hidup yang kadang buntu hanya karena ‘gak tau mau makan apa’~~


11 komentar:

  1. Halo mba, salam kenal :D

    Saya juga salah satu yang suka mengikuti resep Yummy dari jaman belum ada app-nya, alias masih share normal di IG dan memang resep-resep di Yummy termasuk yang mudah untuk diikuti bahkan kadang mereka memberikan resep untuk dimasak di rice cooker juga :))

    Terus semenjak ada app-nya, pilihan menu pun bertambah banyak dan pencarian menu jadi lebih mudah. Nggak perlu scroll-scroll instagram Yummy lagi sampai bawah :D

    Thanks for sharing, yaaa ~

    BalasHapus
  2. Wah, enak ya mba, emang paling suka nih saya ngikutin resepnya yummy di IG dan yutub ��

    BalasHapus
  3. Jujur sya baru ngeh loh sama aplikasi yummy ini, enak banget ya zaman now ini, kalau ada yang bilang nggak bisa masak, kayaknya bukan nggak bisa, tapi nggak mau coba, orang banyak banget sekarang contekan di mana-mana, kayak aplikasi yummy ini :)

    BalasHapus
  4. Jadi ingin mendonwload apliasi yummy nih
    Ada videonya pula tutorialnya sehingga mudah dimengerti
    Mantap betul

    BalasHapus
  5. Favorite saya adalah Tasty...
    Saya paling demen nonton video yummy, pengeeen aja dipraktekkan, apalagi kalau nafsu makan lagi bermasalah...

    BalasHapus
  6. Aplikasi baru ya, bermanfaat buat koki pemula sekalipun, ga usah nyari tutorial di YouTube, di aplikasi yummy sudah mencakup semua cara memasak

    BalasHapus
  7. Harus langsung ngasih tau istri nih, biar gak bingung kalau mau masak. Kadang harus nyari dulu di YouTube. Kalo ada aplikasinya kan jadi lebih praktis. Thanks for your sharing

    BalasHapus
  8. bagus juga ini aplikasi,, kayanya harus kutunjukin ke istri nih terutama buat bikin mpasi.. bisa juga nanti kami berdua nyobain resep2 yg ada di sini.. hehe

    -traveler paruh waktu

    BalasHapus
  9. Pangsit tahu ayamnya sangat menggoda, boleh kirim ke rumah saya.... :)

    BalasHapus
  10. Sebagai bapak rumah tangga, saya akui kemampuan masak saya masih sangat cetek. Kayaknya pake yummy lumayan nih buat melatih saya memasak, apalagi nanti kalau istri keluar kota dan anak saya yang urusin sendiri.

    Thanks for sharing

    BalasHapus
  11. Yummy app emang bantu banget sih.. terutama buat emak2 macem saya. Suka bingung mau masak apa tiap hari. Inspirasi masak sehari2 meski dg bahan seadanya di kulkas

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Comment

 
Gaeguri Story Blogger Template by Ipietoon Blogger Template