Sabtu, 24 Februari 2018

Jalan-Jalan ke Lembah Harau

Annyeong chingudeul~~


Lembah harau adalah sebuah ngarai dekat kota Payakumbuh Sumatera Barat. Tapi sebenarnya lembah harau ini termasuk ke dalam pemerintahan Kabupaten Lima Puluh Kota Sumatera Barat. Lembah harau di apit dua bukit cadas terjal dengan ketinggian mencapai 150 meter berupa batu pasir yang terjal berwarna warni. Bentuk wilyah lembah harau ini berbukit-bukit dan bergelombang.


Dari rumah gaeguri sih Cuma sekitaran 15 menit perjalan pakai motor, deket banget kan? tapi percayalah waktu gaeguri datang ke lembah harau itu, udah kayak turis yang pertama kali menginjakkan kaki disini karena gaeguri Cuma beberapa kali doang dateng ke kawasan ini. Seumur hidup gaeguri palingan Cuma 3 kali deh. Waktu dateng ke lembah harau yang terakhir kali itu sekitaran bulan Desember 2017 lalu, ada banyak hal yang berubah disini, jadi makin bagus aja. Banyak spot-spot foto yang instagramable banget.



Sebelum memasuki kawasan wisata, kita udah disuguhin sama pemandangan alam yang cantiik banget, kesejukan, kedamaian dan keindahan yang memukau. Kita bakalan nemuin tebing terjal yang rapi, hamparan sawah yang hijau kalo muncul calon padi atau menemukan hamparan sawah yang kuning kalo padinya udah siap panen atau hamparan sawah yang tinggal lumpur doang kalo udah dipanen .LOL.



Untuk mencapai lembah harau dari Padang (ibu kota Sumbar), chingudeul membutuhkan sekitar 4 jam perjalanan arah jalan menuju Riau.  (bener gak sik? Mending search google map aja chingudeul, gaeguri gak mau ngasih petunjuk yang sesat, google map knows best!. Atau yang pengen ke lembar harau, just contact me, I will be your guide ^_^). Biaya masuk ke lokasi ini Cuma 5000 rupiah per orang doang, murah banget kan..



Lembah harau memiliki 3 kawasan objek wisata yaitu resort aka barayun, resort sarasah bunta, dan resort rimbo piobang. Dari ketiga objek wisata ini, gaeguri bakalan membahas mengenai resort sarasah bunta. Untuk mencapai lokasi ini, sewaktu masuk dari gerbang, lurus dan nanti ketemu sama pertigaan, chingudeul belok kanan, terus aja, nanti bakalan ketemu sama tukang parkiran, lokasinya disana. LOL.



Disarasah bunta ini, terdapat 4 air terjun (dan gaeguri gak tau apa aja nama-nama air terjunnya, so don’t ask me!). Disini, chingudeul bakalan ketemu banyak wahana dan spot-spot foto yang instagramable, seperti, sepeda air, balon air, spot foto kayak sarang burung, taman-taman love-lovean, sampan-sampanan, and many more.


Disini chingudeul juga bisa main ala-ala outbond kayak flying fox dan nyembrang di jembatan gantung. Wahana ini tepat di samping air terjun dan di bawahnya juga ada air (apaan yak? Ngerti gak? Hehehe).


Untuk mencapai lokasi ini, chingudeul tinggal jalan dari air terjun yang pertama sekitaran 100-200 meter. (deket kok, kalo chingudeul bingung, tinggal tanya ke orang disana, dimana tempat buat main flying fox!).



Sensasi nyembrang di jembatan gantung dan main flying fox disini itu beda dari tempat lain, karena disampingnya jembatan gantung, ada tebing yang tinggi dan air terjun. Sedangkan di bagian bawahnya ada air yang banyak. Ada sensasi serem-seremnya gitu. Cocok buat yang mau adu nyali LOL, (adu nyali?? Hahaha)


Ini adalah kali pertama gaeguri nyembrang jembaran gantung. Dan rasanya itu, kaki gemeteran, tangan pegel megang tali dan takuuut banget guys. Waktu gaeguri main, angin di sana lumayan kenceng jadi kayak mau “terhempas” ke bagian tebing (menyeramkan). Rasanya pengen balik lagi tapi malu. Hahaha.


Filosofi kita nyembrang di jembatan gantung ini yang gaeguri dapetin adalah, sama halnya di dalam hidup, jembatan gantung itu adalah jalan yang udah kita pilih, dan ujungnya adalah tujuan yang kita capai. Mau gak mau you must face that way. Bisa aja buat balik, tapi, berarti kamu gak bisa mencapai tujuan yang kamu inginkan. Awalnya memang takut buat jalan, gemetaran, stagnan (gak jalan karena takut), tapi akhirnya perjalanannya itu tetap terselesaikan. Masalah takut dan waktu ada angin, gaeguri rasanya mau “terhempas” ke arah tebing, kamu Cuma butuh untuk me-yakinkan diri kamu bahwa “everything will be oke, don’t worry, just face it”. Kalau kamu bisa meyakinkan diri sendiri, you will past that way. Waktu ada angin itu sebenernya, kita itu gak gerak sama sekali, kita gak terbawa angin sama sekali, Cuma sugesti kita doang yang bilang kalo “kamu bakalan terhempas ke tebing, kamu bakalan jatuh dan sebagainya”. Sekali lagi, yakinkan diri kamu, semuanya bakalan baik-baik aja. Seru banget sih bisa nyembrang di jembatan gantung ini, banyak hal yang gaeguri pelajari disini.


Spot terakhir yang gaeguri datengin (karena waktu itu udah sore banget) adalah seoul ala-ala (gaeguri gak tau kenapa orang-orang menamakan ini kayak seoul). Jadi ditempat ini ada kayak nuansa-nuansa barat dan korea gitu chingudeul. Di tempat ini, tanahnya itu udah dilapisin sama pasir putih (mirip salju mungkin ya), ditengah hamparan pasir itu ada sebuah pohon yang tinggal rantingnya doang (mirip sama pohon-pohon diluar negeri waktu autumn ^_^) dan background nya kayak bangunan ala-ala eropa. (yang sebenarnya itu bangunan “Minang banget” karena atapnya ada gonjongnya (gonjong = atap khas rumah adat minangkabau), dan sebenernya, rumah itu adalah bagian dari bangunan sebuah sekolah disekitaran sana). Kalau kamu bisa ngambil angle yang bagus, kamu bakalan dapetin hasil foto yang bagus juga. Tapi kalo kamu udah punya kamera yang paling bagus, model yang kece abis tapi kamu gak bisa ngambil foto dengan baik, maka hasil foto yang kamu dapetin gak bakalan bagus.


Oiya,, buat yang butuh penginapan, disana juga disediakan penginapan yang asri banget. Jangan khawatir bakalan gak bisa nginep, tempat makan dan restoran juga banyak dan disana juga bisa menyewa kayak motor atau sepeda.

So, ayo ke lembah harau. Find the interesting things there, need a friend, need a guide, contact me! XOXO

WELCOME TO HARAU VALLEY ^_^

15 komentar:

  1. Bagussss. Wisata alam yang uda diperkaya spot buat poto2 memang menarik. Apalagi yg jalan di jembatan gantung gitu walaupun serem. Tapi di sana masih bersih kan kak? Semoga ga pada nyampah ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayok cobain jembatan gantungnya ^_^

      kadang kadang masih ada orang - orang yang nyampah..

      Hapus
  2. Waah...tinggal di sekitar lembah harau yaa...?bolehlah nanti ngontak kalo kesana.

    Kayaknya seru bisa main outbond di sana. Bermain outbond sambil menikmati pemandangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayok ke lembah harau ^_^

      iya.. disini juga bisa camping-camping_an dan main outbond

      Hapus
  3. Saya penasaran tempat yang mirip Korea itu hihii... perjalanannya dari Padang 4 jam? Lama juga ya.. tapi terbayarkan dengan tempatnya yang indah

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayok jalan-jalan ke lembah harau..

      walaupun gak ada hubungannya sama sekali sama "korea", disini juga bisa nyobain sensasi menggunakan baju tradisional korea (hanbok) ^_^

      Hapus
  4. Sering dengar ttg Lembah Harau. Pengen suatu hari nanti bisa main ke sana.

    Jembatan gantungnya itu menggoda banget buat dicobain, apalagi ada sensasi air terjunnya. Nggak kebayang deg2an nya bakal kaya gimana :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada air terjun, tebing dan "angin", serem banget tapi nangih

      Hapus
  5. Tempatnya asik ya kak, mana tiket masuknya juga murah
    Bisa banget nih masuk list destinasi liburan kalo pas ke Padang
    Pengen nyobain jembatan gantungnya, keknya menantang adrenalin

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya asik banget, banyak spot foto, ada outbondnya juga

      Hapus
  6. ulalaaa rekomended banget nih tempat nya....

    BalasHapus
  7. Korea dengan rasa lokal dan hanya 5.000 saja! Penasaran. Baca ceritanya aja seru, apalagi beneran ke sana sekalian nyoba basah-basahan di air terjun.

    BalasHapus
  8. Lihat fotonya yang di jembatan gantung kek ngeri-ngeri sedap ya hehe... Tp tiketnya murah meriah sekali ya.
    Btw, wisatanya dikelola sama siapa ya?

    BalasHapus
  9. wah.. cucok buat adventure nih spot.

    BalasHapus
  10. Salah satu destinasi wisata Sumatera yang pengen aku datengin adalah Lembah Harau ini. Hmm...semoga bisa kesana suatu hari nanti

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Comment

 
Gaeguri Story Blogger Template by Ipietoon Blogger Template