Selasa, 11 April 2017

Atribut Wajib Pecinta Korea






annyeong chingudeul~~..

kali ini gaeguri bakal bahas mengenai "My Korean stuff ( I guess)"

(mungkin sebagian orang menganggap barang-barang ini bukan termasuk barang yang identik dengan korea)



1.      Tumbler / botol minum
tumbler my bottle gaeguri

Botol minum bertuliskan “my bottle” ini menurut gaeguri identic dengan korea, karena gaeguri mengetahui botol ini dari drama-drama korea. Oleh karena itu, gaeguri mengkategorikan botol ini ke dalam salah satu Korean stuff yang gaeguri punya.

 Tumbler bertuliskan “my bottle” ini booming di korea pada tahun 2015. Di drama shopping king louie, tumbler ini digunakan sebagai ide promosi dari sebuah perusahaan. Nahh,, buat chingudeul yang butuh media untuk promosi / iklan, pembuatan tumbler ini bisa dijadikan sebagai referensi. Tulisan my bottle yang ada di botol, bisa diganti dengan nama olshop atau perusahaan chingudeul.

Selain tumbler ini, satu paket pembelian botol ini gaeguri juga mendapatkan pouch yang bertuliskan “this is my bottle”. Pouch ini sangat berguna jika air yang ada dalam botol tumpah, air akan langsung meresap ke dalam pouch tersebut karena bahan pouchnya itu terbuat dari bahan yang mudah menyerap air.

2.     Sumpit besi (SUJEO)

sujeo

Sumpit merupakan salah satu alat makan yang menjadi media utama pada saat makan di korea. Berbeda dengan negara jepang dan china, sumpit korea terbuat dari besi atau alumunium (setahu gaeguri yaa) sedangkan sumpit jepang terbuat dari kayu atau bamboo sedangkan sumpit china terbuat dari plastic atau melamin. Dari ketiga negara tersebut, gaeguri paling menyukai sumpit dari korea, tapi penggunaan sumpit besi lebih sulit dari pada sumpit kayu atau melamin dan plastic. Saran gaeguri, buat chingudeul yang baru belajar menggunakan sumpit, mulailah untuk belajar menggunakan sumpit dari kayu terlebih dahulu. Sumpit dari besi cenderung lebih licin dari yang lainnya.

Dalam tradisi kuliner korea, biasanya sumpit ini mempunyai pasangan yaitu sendok yang berbentuk bulat dan gagangnya lebih panjang daripada sendok biasanya. Satu set alat makan ini (sendok dan sumpit) dinamakan sujeo. Sujeo berasal dari kata sutgarak (yang berarti sendok) dan jeotgarak (yang berarti sumpit).

Di korea, penggunaan sumpit dan sendok digunakan secara sekaligus sewaktu makan (sama seperti sendok dan garpu), tapi penggunaan sujeo ini bergantian. Misalnya sumpit digunakan untuk memakan lauk dan sayuran kemudian di tangan satunya lagi terdapat sendok yang digunakan untuk memakan nasi dan menyeduh kaldu (kuah).

Penggunaan sumpit dan sendok secara bergantian sekaligus ini sewaktu makan merupakan budaya unik korea dan tidak kita dapati di jepang dan china. Dijepang dan china, biasanya hanya menggunakan sumpit atau menggunakan sendok dan sumpit secara terpisah. Oleh sebab itu, sumpit dan sendok ini, geguri kategorikan sebagai salah satu Korean stuff milik gaeguri. (tapi sebenernya, gageuri belum punya 1 set alat makan ini, gaeguri belum mempunyai sendoknya T_T, didaerah tempat tinggal gaeguri belum ada yang menjual sendok ala korea ini, kalau beli online, kemahalan ongkos kirim [gaeguri tinggal didaerah, jadi kalau dikirim dari Jakarta misalnya ongkos kirimnya lebih mahal dari sendoknya], info dong yang jual SUJEO free ongkir chingudeul…~~)

3.     Lunch box
lunch box

Sebenarnya tidak ada yang special dengan lunch box ini, di negara manapun lunch box pun sudah menjamur, tapi gaeguri tetap memasukkan lunch box ini ke dalam Korean stuff milik gaeguri. Alasannya adalah di drama- drama korea sewaktu jam makan siang selalu mereka makan dengan menggunakan piring yang telah disekat (mirip lunch box), lagi dan lagi, di daerah gaeguri belum ada yang menjual piring dengan model seperti itu, dan dengan ide kreatif gaeguri, gaeguri menggunakan lunch box untuk dijadikan pengganti piring bersekat ala korea (gaeguri gak tau namanya).

Piring bersekat dikorea ini terbuat dari besi atau alumunium atau tembaga (sejanis metal). Tidak hanya makan dengan piring ini, biasanya di korea mereka juga makan dengan menggunakan beberapa mangkok yang berbahan yang sama (sejenis metal juga), lauk pauk dan sayuran diletakkan terpisah (seperti letak lauk-pauk di restoran padang, ^_^)

4.     Mini sling bag dan mini backpack
mini slingbag dan mini backpack

Didrama korea “seakan-akan” mempromosikan berbagai tas lucu-lucu (berukuran mini), para pemain cewek sering menggonta ganti tas mini mereka. Setuju?

Berkiblat ke korea, gaeguri mempunyai slingbag mini karena terengaruh sama yang nama nya drama korea. Oleh sebab itu, slingbag mini ini gaeguri kategorikan  sebagai Korean stuff gaeguri.

Ada banyak mini slingbag dan mini backpackyang dipakai didalam korea. Paling banyak itu (seinget gaeguri) di drama let’s eat 2. Dan yang paling lucu mini slingbag milik shim cheong di drama the legend of blue sea.

5.     Liptint
tony moly delight tint

Life isn’t a life without lipstick..
(lebay)

Liptint itu identic dengan korea (setuju?)

Salah satu hal yang menurut gaeguri menarik dari sebuah “korea” adalah makeup nya. Orang-orang yang anti make up, gaeguri rasa akan mulai untuk mengenal makeup jika melihat bagaimana dandanan ala korea. Menurut gaeguri, makeup korea itu tidak too much, sangat natural.

Istilah makeup korea adalah no makeup makeup look. (iya,, makeupnya kayak gak makeup padahal makeup @#$%^&). Makeup korea itu berfokus kepada mata dan bibir. Gaeguri sangat suka dengan makeup mata orang korea karena tegas, cute, edgy, not too much. Sedangkan untuk bibir mereka menamakannya dengan gradient lips atau ombre lips.

Sebenarnya gradient lips ini sudah dipakai dari dulu di negara barat TAPI Penggunaan gradient lips ala barat ini, menurut gaeguri terkesan mempunyai bibir tebal,  glamour, sensual, sexy dsb sedangkan gradient lips korea, terkesan  mempunyai bibir tipis, lucu, imut, fresh dan muda.

Perbedaan penggunaan gradient lips barat dan korea adalah di negara barat penggunaan gradient lipsnya yaitu bagian luar bibir mempunyai warna yang lebih gelap dibandingkan dengan bagian dalam bibir, hal ini menyebabkan bibir akan terlihat lebih penuh dan tebal, sedangkan penggunaan gradient lips ala korea yaitu hanya memoles bibir bagian dalam (bagian dalam bibir mempunyai warna yang lebih gelap dibandingkan dengan bagian luar bibir) hal ini menyebabkan bibir terkesan mempunyai bibir yang lebih tipis.

Pengaplikasian gradient lips paling gampang adalah dengan mengunakan liptint. Oleh karena itu liptint identic dengan gradient lips ala korea. Oleh sebab itu, liptint ini termasuk salah satu Korean stuff milik gaeguri.


( I think five Korean stuff more than enough for now),

5 barang untuk hari ini gaeguri rasa cukup yaa chingudeul.. annyeong…~ naeil dasi manna~~



0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Comment

 
Gaeguri Story Blogger Template by Ipietoon Blogger Template