Pages

Selasa, 28 April 2020

Menghasilkan Uang dari Kerajinan Tangan

Annyeong chingudeul~

 

Crafting adalah salah satu kegiatan yang gue sukai sedari dulu. Crafting adalah suatu kegiatan kerajinan tangan yang bisa meningkatkan kreatifitas pembuatnya. Bagi gue, crafting atau kerajinan tangan adalah kegiatan yang gue lakukan diselah-selah rutinitas yang melelahkan atau sekedar kagiatan di waktu luang.  Bagi anak-anak, kegiatan ini bisa meningkatkan kreatifitas dan kemampuan motorik anak.


Crafting menuntut kita untuk bisa menggambarkan suatu benda hidup menjadi benda mati sesuai dengan media yang kita punya, misalnya kayu, kain flannel ataupun kertas dan lainnya.

 

Selain bisa mengisi waktu luang, kegitan crafting ini bisa menghasilkan uang. Barang-barang yang dihasilkan dari kegiatan ini bisa dijual ataupun untuk konsumsi pribadi saja. Bagi gue, hasil kerajinan tangan, memuaskan batin dan memberikan kesenangan tertentu jika karya telah berwujud.

 

Beberapa kerajinan tangan yang gue lakukan, diantaranya :

Kerajinan kain flannel


Kain flannel ini, bisa dibentuk menyerupai apapun yang kita inginkan. Biasanya gue, bisa mengembangkan kreatifitas gue dengan membuat boneka, bros-bros cantik, dompet, dompet hape, tas, sepatu anak-anak dan lainnya.

Semasa gue kuliah, kain flannel menjadi tambahan keuangan bagi gue. Jaman dulu, gue bisa bikin boneka wisuda dari kain ini. Cuma bermodalkan kain flannel, dakron, benang, jarum dan sentuhan kreatifitas yang bisa diasah jika ada kemauan. Dan hasilnya lumayan, buat biaya foya-foya mahasiswa kere kayak gue.

 

Origami


Berbeda dengan kain flannel, kerajinan origami ini tidak gue manfaatkan untuk menghasilkan uang. Kerajinan origami adalah suatu seni melipat kertas yang berasal dari negeri Jepang. Bagi gue, kerajinan ini untuk menghibur diri, pengisi waktu luang dan to prove my self that I can make something from a paper. Tutorial pembuatan origami juga banyak di ajarkan di youtube.

 

Origami itu gampang-gampang susah. Seolah-olah mudah untuk dilakukan karena “Cuma” melipat-lipat kertas, padahal realitanya butuh ketelitian, ketepatan dalam melipat kertas agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan. Gue penah bikin tutorial bikin hanbok DISINI, dan itu lumayan gampang-gampang susah, walaupun Cuma bikin sesimple itu.

 

Membuat Bros


Kerajinan yang gue tekuni akhir-akhir ini karena selain untuk mengisi waktu luang, karajinan ini juga bisa menghasilkan uang. Karena hasil kerajinan ini bisa dijual. Modal untuk membuat bros ini lumayan menguras dompet bagi gue (karyawan kere) karena printilan-printilan yang variasinya sangat beragam. Dengan modal sekitar 500 ribuan, kamu sudah bisa memulai bisnis ini. Instagram dagangan gue @gantarihouse. Silahkan mampir chingudeul.. hehehe

 

Bermodalkan tang set untuk menghubungkan satu ring dengan ring lainnya, aneka manik-manik, aneka mutiara, aneka Kristal-kristal, dan peralatan besi-besi lainnya. Jika sudah memiliki peralatan tersebut, chingudeul bisa memulai bisnis ini. Bagi pemula, bisa belajar dari youtube ataupun blog untuk mebuat design bros yang akan dirangkai.

 

Merajut


Kegiatan merajut pernah mengisi waktu luang gue. Bermodalkan benang wol dan jarum kait, gue bisa menciptakan sebuah syal ataupun dompet untuk menyimpan hape. Bagi sebagian orang, kegiatan ini bisa menghasilkan uang. Mereka bisa membuat bros, bunga ataupun boneka.

 

Kerajinan dari tali

kerajinan dari tali ini, biasanya gue membuat gelang-gelang, gantungan bunga dan gantungan kunci. Walaupun tidak terlalu mahir, setidaknya hasil dari kerajinan ini bisa gue pakai sendiri.

 

Ada banyak kerajinan tangan yang bisa digunakan untuk mengisi waktu luang yang bisa chingudeul lakukan. Selain hanya mengisi waktu luang, dan mengasah kreatifitas kita juga bisa menghasilkan uang. Kalau layak dijual, bisa menjadi sarana pundi-pundi keungan untuk tambahan belanja atau sekedar membeli hal yang kita inginkan. Yok, manfaatkan waktu untuk hal-hal yang positif.

 

 

 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar