Sabtu, 12 Oktober 2019

Patbingsoo, Makanan Manis dari Korea


Annyeong chingudeul~~


Makanan korea pertama yang pernah gue cicipi adalah kimchi, makanan khas nan wajib ada di korea, dan rasanya gue gak suka. Udah itu aja. Kecintaan gue sama korea gak memudar gitu aja setelah makan kimchi yang gak gue suka itu, walaupun udah gak nonton drama korea lagi, semangat juang gue untuk mencari makanan korea favorit gak luntur gitu aja. Makanan korea kedua gue adalah sekeluarga dessert yang manis-manis dan dingin-dingin. Coba tebak?? (ketahuan dari judulnya yaaa kan.. d blog mah gak bisa rahasia-rahasiaan. Hahaha). Yaappp… ini adalah Patbingsoo, dessert ala korea yang selalu hadir pada saat musim panas.


Patbingsoo ini sejenis es serut yang udah modern. Lol. Waktu jaman gue SD, es serut sangat menjadi primadona, es batu yang diserut kemudian dicetak menyerupai kepalan, lingkaran atau bentuk love kemudian di beri air sirup berwarna-warni yang gue yakin itu bukan sirup marjan.

Patbingsoo awalnya terkenal dengan es serut yang ditmbahkan dengan kacang merah dan sampai sekarang (if I’m not wrong) setiap Patbingsoo ada terkandung kacang merahnya. Patbingsoo yang gue pesan ini bernama “chungmuro patbingsoo” (seinget gue) yang terdiri dari es krim matcha 1 scoop, corn flakes, es serut, kacang merah dan disiram dengan susu matcha. By the way, gue makan ini di Patbingsoo, Pekanbaru.

Rasa dari Chungmuro patbingsoo ini sudah pasti manis-manis dingin dan matcha banget, karena perpaduan antara susu matcha dan es krim matcha yang kental. Dessert ini disajikan dalam bowl khas korea yang wajib ada di drama korea. Dessert pasti selalu cantik dan gak akan rela kalau dimakan, tapi you must eat that dish karena bakalan meleleh dan gak cantik lagi pastinya. Beda sama kimchi , gue suka dessert ini, karena sejatinya dessert gak pernah salah, dan belum ada dessert yang gak enak, yaaa kan?

Varian Patbingsoo di Patbingsoo Pekanbaru ini sangat banyak dan bisa di check di google atau datangi langsung Patbingsoo Pekanbaru. Mereka juga menyediakan makanan-makanan khas korea lainnya seperti tteokbokki, ramyeon, buldak, dan kawan-kawan lainnya. Dan seperti biasa makan diresto korea gak bisa pergi sendiri karena porsinya sangat banyak, bisa sih pergi sendiri kalau porsi makan kamu besar. Untuk patbingsoo ini, kamu juga bisa sharing.

nama - nama kota di korea (cuma 3 kota aja, lol), salah satu corner di patbingsoo pekanbaru


Next,  tempatnya, Patbingsoo pekanbaru yang gue datangi ini terletak didalam SKA Mall Pekanbaru, tempatnya gak begitu luas menurut gue dan gak kecil juga (Gue pernah dimarahi dosen karena gue mendeskripsikan luas sebuah tempat dengan kata-kata “gak begitu luas dan gak begitu kecil”, bagi dosen gue kalau ingin mendeskripsikan luas suatu tempat harus dengan menggunakan angka yang pasti misalnya 100m persegi, etc. Luas tempat itu relative, bisa kecil atau besar sesuai dengan point of view (POV) siapa. Tapi sekarang gue juga gak mungkin mengukur tempat dagangan orang kan, so, luas atau tidaknya tempat ini sesuai dengan POV gue, oke. OOT banget yaaakkkk).




Setiap sisi dinding dihiasi dengan variasi yang berbeda-beda, tapi masih dalam suasana korea. Sisi pertama dihiasi dengan nama-nama kota terkenal yang ada di korea, sisi kedua dihiasi dengan tulisan “patbingsoo pekanbaru” dan ditambah dengan foto-foto menu yang ada di patbingsoo pekanbaru ini. Selanjutnya ada gambar dinding orang lagi main gitar dan ada tulisan selamat datangnya.






0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Comment

 
Gaeguri Story Blogger Template by Ipietoon Blogger Template