Kamis, 11 Januari 2018

Pengalaman Mengikuti CPNS 2017 part 2

Annyeong chingudeul..

part 1 nya bisa chingudeul liat disini

Oke jadi hari ini gaeguri bakal ngelanjutin lagi pengalaman gaeguri ikut tes CPNS 2017 kemaren. Setelah sebelumnya gaeguri dinyatakan gagal pada tes CPNS kemenkumham karena skor yang gaeguri dapetin gak lolos passing grade jadi gaeguri coba tes CPNS periode 2. Awalnya memang gaeguri gak banyak berharap sama kemenkumham karena perbedaan jumlah peserta dan yang lolos sangat sedikit jadi hopeless duluan dan tujuan gaeguri ikutan itu Cuma pengen liat soalnya doang dan latihan  belajar menggunakan system CAT dan syukur-syukur bisa lolos kan, jadi yaa dengan usaha yang sedikit hasilnya juga segitu doang (gak lolos tes), memang sih usaha gak bakal menghianati hasil.


Tes CPNS periode 2 ini ada sekitar 60 kementerian dan lembaga yang gak bisa gaeguri sebutin satu-satu dan ada 1 pemerintahan kota/kabupaten yaitu provinsi Kalimantan utara. Untuk pemerintahan kota/ kabupaten Kalimantan utara membutuhkan sekitar 500 kuota, dan sebenernya gaeguri bisa aja sih daftar ke provinsi tersebut karena jurusan gaeguri memang dibutuhkan disana tapi setelah melihat syaratnya ukhhh mundur duluan sihh.. waktu itu syarat yang make me down adalah satu, harus mengantarkan berkas secara langsung ke provinsi tersebut. Ooaallaaaahhh.. belom apa-apa udah harus mengeluarkan biaya yang lumayan dan kita itu kan belom pasti lulus juga, kalo udah pasti mahh hayukhayuk ajaahh.. dan kedua adalah ada perjanjian yang mengharuskan tidak boleh berpindah tempat selama 15 tahun,  whaattt???? 15 tahun men, 15 tahun bakalan bolak-balik sumatera barat-kalimantan utara. Berat diongkos banget cuii,, karena setahu gaeguri, pesawat langsung dari padang ke kaltara itu gak ada,jadi kita harus transit dulu dan itu membutuhkan waktu banget dan lagian masa sih gaji selama kerja bakalan habis buat bolak-balik padang-kaltara doang. Oleh karena itu, gaeguri mengurungkan niat untuk maju pada tes seleksi CPNS pemerintahan kaltara.

Untuk pendaftaran tes CPNS periode 2 ini sama dengan proses pendaftaran kemenkumham kemaren, kalo chingudeul belom tau, bisa dilihat disini. Dan kalo chingudeul udah ikutan periode 1 gak perlu lagi bikin akun SSCN tinggal daftar instansi atau kementerian mana yang chingudeul pengen daftar. Sebenernya ada beberapa kementerian yang memungkinkan gaeguri bisa ikut tes seleksi dan besar kemungkinan gaeguri bakalan lolos seleksi administrasinya karena seleksi administrasi kemenkumham kemaren gaeguri bisa lolos dan besar kemungkinan bisa lolos juga di periode 2 ini. Dan sekarang Cuma mikirin mau masuk kementerian yang mana. Kementerian yang bisa gaeguri daftar adalah kementerian perindustrian, kementerian pertanian, BPOM, LIPI dan lain-lain.

Tes CPNS ini adalah tes yang gaeguri tunggu-tunggu sejak masuk kuliah karena ada 1 badan yang gaeguri pengen banget buat bisa kerja disana, yaitu BPOM (Badan pengawasan obat dan makanan). Bisa kerja di BPOM ini adalah salah satu target yang gaeguri pengen capai. Karena pegawai BPOM juga merupakan PNS , untuk bisa masuk ke BPOM harus melewati seleksi penerimaan CPNS terlebih dulu, setelah hampir 2 tahun nunggu seleksi ini gaeguri excited banget dong pengen daftar. Dan juga, kerja di BPOM itu berasa keren aja, apalagi kalo bisa kerja di bagian laboratorium. I’m a laboratory addicted (walaupun skill gaeguri sangat minim)

Berdasarkan beberapa pertimbangan akhirnya gaeguri memilih untuk daftar di kementerian pertanian. --__--

Keinginan gaeguri bisa masuk BPOM tapi ikut seleksi Kementan. Cakep!! Menurut chingudeul gaeguri bisa gak jadi pegawai BPOM ?? hahahaha

Kenapa akhirnya gaeguri memutuskan untuk ikut kementan??


Ada beberapa pertimbangan waktu itu, dan yahhh… *cry

Bimbang banget deh waktu memutuskan mau ikutan BPOM atau Kementan dan walau pada akhirnya memilih kementan daripada BPOM. Pertimbangannya adalah pertama, kuota yang dibutuhkan kementan lebih besar dari pada di BPOM, makanya gaeguri mikir kalo milih kementan chance buat lolosnya itu lebih besar dibandingin BPOM and I wanna have a job as soon as possible, karena ga punya duit + kegiatan itu boring abiss makanya dengan daftar kementan berharap banget bisa lolos. Kedua, persyaratan buat ikutan di kementan lebih simple dibandingin BPOM, karena waktu itu BPOM ngasih syarat buat ngirim berkas ke kantor BPOM sedangkan kementan Cuma ngirim berkas online doang. Ketiga, tahapan seleksi kementan lebih simple dari pada BPOM karena di kementan Cuma ada tes CAT dan SKB dengan CAT sedangkan di BPOM ada tes CAT, tes SKB dengan CAT dan ada wawancara (gaeguri memang menghindar sihh dari tes2 wawancara ginian karena gaeguri rasa orang introverted kayak gaeguri ini gak bakalan lolos tes wawancara, jadi gaeguri lebih memilih untuk menghindar). Keempat, (yang paling bikin gaeguri berpaling dari BPOM) adalah kuota untuk cowok dan cewek waktu itu dipisah. Jadi chance cowok lebih banyak dari cewek. Waktu itu diposisi yang pengen gaeguri ambil itu sekitan 5 orang cewek yang bakal di terima. Kelima, ternyata formasi yang tersebar kemaren itu adalah formasi secara nasional dan gaeguri baru tau ternyata untuk di kementan hanya dibutuhkan 2 orang saja yang waktu itu penempatannya di kepulauan riau, dan karena gaeguri kira bakalan sedikit orang-orang yang mau ngambil posisi itu jadi saiangan gaegguri bakalan sedikit makanya gaeguri ngambil tes di kementan.


Kalo gak salah sih, pendaftaran itu sekitaran 2 minggu gitu dari tanggal 11-25 september (jadi sebelom pengumuman kelulusan kemenkumham). Pengumuman hasil kelulusan kementan ini tanggal 30 september dan Alhamdulillah gaeguri lulus seleksi administrasi, dan waktu itu belom ada pengumuman kapan tes selanjutnya. Untuk tes selanjutnya kita nunggu lumayan lama karena ada beberapa masalah di BKN jadi kalo gak salah masalahnya itu karena ada 61 instansi yang akan tes juga jadi BKN bertugas untuk menyiapkan jadwal dan tempat untuk ujian. Ngatur jadwal buat jutaan orang itu susah sihh yaa.. makanya bisa lama. Dan akhirnya gaeguri tes tanggal 24 oktober 2017 jam 10 di korem daerah padang gitu dan gaeguri gak tau tempatnya, fix!!(thanks god, gak harus berangkat pagi-pagi lagi).

24 oktober 2017, gaeguri dihari sebelum udah sampe padang dan nginep di kosan salah satu temen gaeguri waktu SMA. Dan karena dia sebelomnya udah ikutan tes di tempat yang sama jadi dia tau tempatnya dan dia nganterin gaeguri ke lokasi (hahaha,, thank you fannii). Karena gaeguri ngambil kementerian pertanian dan jurusan gaeguri memang pertanian jadi gaeguri ketemu banyak temen gaeguri disana, (katak punya temen apa?.. haaaa abaikan). Dilokasi yang pertama kali yang harus kita lakuin adalah verifikasi berkas kayak ijazah, transkrip nilai, surat pernyataan, ktp dan kartu ujian dan semuanya berkas harus asli. Kemudian tanda tangan absen. Di kementan ini peraturannya dan pemeriksaannya lebih ketat deh daripada kemenkumham kemaren. Setelah penyerahan berkas kita tinggal tunggu panggilan untuk masuk ruang ujian. Setelah dipersilahkan masuk, ada pemeriksaan lagi kayak scan benda logam bawa contekan apa enggak terus ditanyain nama lengkap sama tanggal lahir mungkin mencegah adanya kecurangan gitu-gitu. Next, ujian kayak kemenkumham kemaren (bisa dilihat disini.)

Setelah selesai ujian, skor yang kita peroleh juga bakalan ada di layar computer kita. Dan skor yang gaeguri peroleh itu 363, yeay.. skor untuk TWK 100, TIU 95 dan TKP 168. Tapi gak boleh seneng dulu, karena skor yang kita peroleh ini bakalan di rangking secara nasional dan di ambil 3 kali formasi di setiap daerah, misalnya di posisi yang gaeguri ambil ada 2 formasi dan jika dikalikan 3 maka untuk tes SKB akan diambil 6 orang.

Disinilah kesabaran gaeguri diuji, hahaha di saat hampir semua kementerian dan lembaga udah ngumumin hasil kelulusan dan kementan ini masih belom ngumumin juga. Gaeguri lupa selang berapa hari tapi sekitaran 2 minggu-3 mingguan deh . lupa. Sambil nungguin pengumuman, gaeguri iseng aja liat peserta yang lulus di kementerian lainnya dan kebanyakan skor 363 bakalan lanjut ke tes berikutnya dan nilai dibawah 363 juga kebanyakan lolos termasuk di BPOM. Seneng dongg..


Sampai akhirnya pengumuman kelulusan diumumin, gaeguri inget banget waktu itu rada tengah malam gitu datenglah notice dari grup yang ngasih tau kalo pengumuman udah keluar. Download pengumuman dan jlebb.. nama gaeguri gak ada di bagian yang lolos. Do you know what I feel??. Rasanya ada yang putus dari otak gaeguri, berasa ada yang ketarik dan gak tau apa, rasanya itu kayak jaring laba-laba yang ketarik dan yaa gitulahh, chingudeul pernah ngerasain gak.. kalo pernah, you know what I felt.
Ternyata di BPOM itu yang lolos gak berdasarkan formasi cewek cowok yang sebelumnya gaeguri bahas di atas, tapi yang gaeguri liat itu tetap berdasarkan siapa skor yang paling tinggi. Ini adalah salah satu kenapa gaeguri nyesel abis gak milih BPOM. Karena di BPOM, dengan skor yang gaeguri dapetin bisa lolos disitulah gaeguri nyesal kenapa gak milih BPOM aja, kenapa harus milih kementan..

Dan ternyata yang awalnya gaeguri kira saingan bakalan sedikit,, alaaa mak jang.. mungkin di kementan ini para pejuang CPNS 2017 bertumpuk saking banyaknya. Dari sekian puluh orang yang lulus passing grade tes CAT, gaeguri ada di rangking 9, yeay prestasi sih itu. Dan nilai terendah yang lolos adalah 368, (Cuma beda 5 point, which is 1 soal doang), tapi yaa udah lah,, gapapa, life must go on. Masih mending sihh, karena di rangking 7, dia punya skor yang sama dengan rangking 6, jadi tetep aja gak bisa lanjut ke seleksi berikutnya, lebih kasian dia kan?? hehehe

So.. life must go on, kita harus move on dari mantan *eh kementan, jadi saran gaeguri buat chingudeul yang mau ikutan tes apapun itu, siapkan aja persiapan chingudeul secara matang, jangan liat seberapa banyak saingan kita, dan jangan takut to face our weakness, kelemahan yang kita punya gak boleh ditutupin atau dihindari, tapi kita harus bisa mencari solusi dari kelemahan yang kita punya, jangan mau kalah sama kelemahan, dan jangan mau kalah sama saingan karena jika kita udah berusaha secara maksimal maka usaha tersebut gak bakalan menghianati hasil kok, dan untuk mendapatkan apa yang kita inginkan terkadang kita harus menjalani suatu “keribetan” terlebih dahulu so, jangan maunya Cuma sesuatu yang gampang doang.

Keep fighting for CPNS 2018




Semoga bermanfaat, Annyeong~~ chingudeul-a~~

13 komentar:

  1. annyeonggg~
    aku juga ngambil kementan kemaren sama kek kamu lulus TKD tapi passing gradenya gak nyampe:'D btw aku juga suka korea >< salam kenal ya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Annyeong ๐Ÿ˜
      Senasib dong kita, fight for cpns 2018 yukk #kaloada

      Bisa saling sharing tentang korea dong kita, salam kenal juga yaa๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
  2. Annyeong
    Kementan tes sebelumnya ada di 2014 terus 2017 berarti tesnya lagi kemungkinan 3 tahun pas tahun 2020 ya chingu ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum tau juga kak, bisa jadi tahun ini bakalan ada lagi. Sebelum pemerintahan bapak jokowi, cpns diadain tiap tahun kok. Termasuk kementan juga

      Hapus
  3. I can relate. Kayak sarang laba-laba yang udah dibuat sebundar mungkin sama laba-labanya tapi kemudian ditarik dan terputus.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. baca-baca artikel jadi keinget sama tulisan artikel yang pernah saya buat di blog sya tentang "CPNS bukan ajang coba-coba". kenapa saya buat tulisan tersebut, karena melihat realita di lapangan tidak sedikit dari "pejuang" tidak memiliki kesiapan sebelumnya jadi terkesan coba-coba. tp gak semua seperti itu, pasti masih ada pejuang-pejuang lain yang memang sebelumnya sudah mempersiapkan diri mengikuti test CPNS, seperti penulis artikel mungkin.... good luck ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. usaha gak pernah mengkhianati hasil. tugas kita sebagai manusia cuma do our best, result? Tuhan yang nentuin

      Hapus
  6. Skor skd saya 343 tapi bisa ikut skb semoga rezeki saya di kementan

    BalasHapus
  7. Apakah ada tes kesehatan fisik lengkap (varises & ambeien) kak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. setau aku gak ada kak, tapi kalau kita udah lulus jadi CPNS, baru ada pemeriksaan fisik, tapi gak tau sih lengkap apa enggak

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Comment

 
Gaeguri Story Blogger Template by Ipietoon Blogger Template